Pelatih Shin Tae Yong Panggil Wajah Baru ke Training Centre Garuda

Kamis, 23 Juli 2020 - 13:34 WIB
loading...
Pelatih Shin Tae Yong Panggil Wajah Baru ke Training Centre Garuda
Pelatih Timnas Senior Shin Tae Yong. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Dominasi muka lama tampaknya bakal menjadi cerita lalu dalam komposisi pemain tim nasional Indonesia. Sebaliknya, wajah-wajah baru kini mendapat panggilan dari Pelatih Shin Tae-yong untuk memperjuangkan satu tempat di skuad Garuda.

Timnas Indonesia, baik level senior maupun kelompok U-19, akan kembali menjalani pemusatan latihan di Stadion Madya Senayan, hari ini. Latihan perdana di tengah pandemi virus corona ini akan dipimpin langsung Tae-yong dan digelar hingga 8 Agustus mendatang.

Selain menjadi TC kedua di bawah kendalinya, pemusatan latihan ini juga menjadi ajang bagi Tae-yong untuk menunjukkan pemain pilihannya. Sebelumnya, pelatih yang pernah membawa Korea Selatan ke Piala Dunia dan mengalahkan Jerman itu mengeluhkan jika kualitas pemain pada TC pertama tidak sesuai keinginannya.

Alasannya, pemain yang dipanggil merupakan pilihan Direktur Teknik Indra Sjafri yang saat itu menjabat asisten pelatih. Situasi ini pula yang sempat membuat hubungan antara Tae-yong dan PSSI memanas beberapa waktu lalu.

Pada pemusatan latihan hari ini, sebanyak 29 pemain dipanggil Tae-yong untuk level timnas senior. Hasilnya, pelatih asal Korea Selatan itu hanya memanggil ulang 12 pemain yang sebelumnya mengikuti TC pada Februari lalu, mulai dari penjaga gawang Nadeo Argawinata, bek Fachruddin Aryanto, Andy Setyo, Bagas Adi, dan Hendro Siswanto. (Baca: Shin Tae Yong Resmi Latih Timnas Senior Indonesia)

Dari sektor lapangan tengah, ada Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Febri Hariyadi, Osvaldo Haay. Kemudian di barisan penyerang ada Ilija Spasojevic, M Rafli, dan Irfan Bachdim. Sisanya merupakan pemain baru yang akan dijajal kemampuannya oleh Tae-yong.

Salah satunya adalah bek Persija Jakarta Ryuji Utomo. Pemain berdarah Jepang itu terakhir kali memperkuat skuad Garuda pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur saat ditangani Pelatih Luis Milla.

Setelah itu, Ryuji mulai tersisih dari persaingan mendapatkan satu tempat di timnas Indonesia. Karena itu, dia mengaku sangat antusias mendapat kepercayaan dari Tae-yong untuk menunjukkan kemampuannya.

“Selalu senang dan semangat setiap diberi kesempatan untuk membela Garuda. Ini menandakan bahwa saya harus bekerja superkeras sebagai bentuk syukur dan harus selalu berusaha memberikan prestasi terbaik untuk Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Pelatih Persebaya Aji Santoso menyatakan jika kepercayaan Tae-yong dengan memanggil empat pemain tim Bajul Ijo sebagai sebuah kebanggaan. Menurut dia, hal tersebut membuktikan jika tim asal Surabaya itu menjadi salah satu lumbung pemain untuk menyuplai kebutuhan timnas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2797 seconds (0.1#10.140)