Sosok Kontroversial Jonathan Khemdee: Buang Medali Perak, Dilarang Bermain di SEA Games Seumur Hidup

Selasa, 23 Mei 2023 - 16:03 WIB
loading...
A A A
"Seperti SEA Games sebelumnya, saya tidak punya niat untuk tidak menghina kehormatan, ras dan medali penghargaan yang saya terima. Akhir kata, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang karena selalu dukung saya," jelasnya.

Jonathan Khemdee lahir di Provinsi Surin, Thailand pada 9 Mei 2002. Meski lahir di Thailand, tetapi Jonathan Khemdee besar di Denmark.

Bek berusia 21 tahun itu memulai karir profesionalnya, sebagai pemain sepak bola bersama salah satu klub terkenal Denmark, Odense. Jonathan Khemdee menjalani debut profesional bersama Odense pada Juli 2021 usai promosi dari U-19 dan mendapatkan kontrak selama dua musim.

Jonathan Khemdee memilih Ratchaburi FC untuk melanjutkan perjalanan karirnya di Liga Thailand. Sementara di level tim nasional, Jonathan Khemdee dipanggil ke Timnas Thailand untuk tampil di SEA Games 2021.

Namun di SEA Games 2021, Jonathan Khemdee hanya mampu mengantarkan Thailand meraih medali perak. Pasalnya, Thailand harus mengakui kehebatan tuan rumah Vietnam dengan skor 0-1 di babak final.

Jonathan Khemdee mencoba untuk membayar kegagalan tersebut di SEA Games 2023. Namun, bek bertinggi 190 cm itu kembali gagal usai Thailand kalah 2-5 dari Indonesia di partai puncak.

Sementara menjelang laga final, Jonathan Khemdee sempat membuat keputusan mengejutkan dengan menyatakan pensiun dari Timnas Thailand usai final SEA Games 2023.

Sedangkan dalam laga menghadapi Indonesia U-22, Jonathan Khemdee harus menerima kartu merah usai melakukan tekel keras terhadap Ilham Rio Fahmi di babak perpanjangan waktu.

(sha)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2085 seconds (0.1#10.140)