Eks Pelatih Timnas Thailand Akira Nishino Jadi Dirtek PSSI Pengganti Indra Sjafri?

Rabu, 24 Mei 2023 - 09:55 WIB
loading...
Eks Pelatih Timnas Thailand Akira Nishino Jadi Dirtek PSSI Pengganti Indra Sjafri?
Eks Pelatih Timnas Thailand Akira Nishino Jadi Dirtek PSSI Pengganti Indra Sjafri?
A A A
JAKARTA - Mantan pelatih Timnas Thailand , Akira Nishino, disebut-sebut akan diangkat sebagai direktur teknik PSSI. Kabar tersebut pertama kali diungkapkan media Thailand, Thairath.co.th.

Pada Selasa (23/5/2023), media tersebut menghubungkan kabar tersebut dengan penandatanganan kerja sama antara PSSI dan JFA yang dilakukan usai pertemuan di Jepang, Senin (22/5/2023).



Dalam penandatanganan kerjasama tersebut, terdapat empat poin penting yang mencakup pengembangan Liga 1, fasilitas sepak bola termasuk pembangunan Pusat Pelatihan di IKN, pengelolaan sepak bola wanita, dan implementasi VAR di Liga 1.

Thairath.co.th mencatat, "Ada laporan yang menyatakan bahwa Akira Nishino, mantan pelatih timnas Thailand, akan menjabat sebagai direktur teknik PSSI yang baru. PSSI juga menjalin kerjasama dengan JFA untuk mengembangkan industri sepak bola, termasuk sepak bola putri."

Dalam konteks ini, pemilihan Akira Nishino sebagai direktur teknik PSSI oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir mungkin didasarkan pada fokus perbaikan sepak bola putri. Setelah kerja sama dengan JFA, Erick Thohir menyatakan bahwa fokus utama mereka adalah membangun sepak bola putri.

"Erick Thohir berharap kerja sama ini akan berdampak baik bagi sepak bola Indonesia," kata Erick Thohir setelah penandatanganan kerjasama dengan JFA.

"Jepang memiliki rekam jejak yang mengesankan dalam menghasilkan timnas putri juara di tingkat U-16 dan U-20, serta pernah menjadi juara dunia. Ini adalah hal yang ingin kita dorong."

"Saya juga telah meminta kerjasama dengan pelatih dari Jepang, terutama untuk tim putri," tambahnya.

Di sisi lain, Akira Nishino adalah sosok pelatih yang berpengalaman dalam melatih timnas berbagai kelompok usia. Pelatih berusia 68 tahun tersebut telah melatih Timnas Jepang U-20, U-23, hingga timnas senior. Ia juga pernah menangani Timnas Thailand pada periode 2019-2021 dan menjabat sebagai direktur teknis JFA pada 2016-2018.

Pengalaman tersebut kemungkinan menjadi pertimbangan penting bagi PSSI, meskipun Akira Nishino belum pernah secara langsung melatih tim putri.
Eks Pelatih Timnas Thailand Akira Nishino Jadi Dirtek PSSI Pengganti Indra Sjafri?
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3280 seconds (0.1#10.140)