Profil Dan Ashworth, Direktur Olahraga yang Bawa Newcastle United ke Liga Champions

Kamis, 25 Mei 2023 - 09:14 WIB
loading...
Profil Dan Ashworth, Direktur Olahraga yang Bawa Newcastle United ke Liga Champions
Profil Dan Ashworth, Direktur Olahraga yang Bawa Newcastle United ke Liga Champions
A A A
NEWCASTLE - Newcastle United baru saja memastikan diri sebagai kontestan Liga Champions Eropa musim depan. Pencapaian ini diraih setelah The Magpies berhasil menahan imbang Leicester City dalam lanjutan Premier League 2022/2023 beberapa waktu lalu.

Newcastle meraih satu poin tambahan yang mengukuhkan posisi mereka di Big Four Premier League musim ini. Hal tersebut memastikan mereka menjadi bagian dari UCL musim depan, serta mengakhiri penantian selama 20 tahun.

Kesuksesan Newcastle United musim ini tidak hanya berkat kontribusi pelatih Eddie Howe, tetapi juga melibatkan beberapa nama lain yang berperan penting bagi The Magpies, termasuk Direktur Olahraga Dan Ashworth.

Profil Dan Ashworth

Bagi penggemar sepak bola umum, sosok Dan Ashworth mungkin masih cukup asing. Pasalnya, perannya cenderung berada di balik layar, berbeda dengan pemain atau pelatih yang sering tampil.

Saat ini, Dan Ashworth menjabat sebagai Direktur Olahraga Newcastle United. Mengutip laman resmi klub, sebagai Sporting Director, ia bertanggung jawab atas strategi pengembangan klub serta masalah perekrutan pemain di semua jenjang usia.

Bergabung dengan Newcastle pada Juni 2022, Ashworth bekerja sama dengan pelatih kepala Eddie Howe. Selain itu, ia juga harus sering berkomunikasi dengan manajer akademi klub dan kepala perekrutan pemain.

Sebelum bergabung dengan St. James' Park, Ashworth telah menjabat sebagai eksekutif dalam sepak bola profesional. Ia pernah menjadi Direktur Olahraga West Bromwich Albion, Direktur Pengembangan Elit di FA, serta Technical Director di Brighton & Hove Albion.

Sebelum memutuskan bekerja di balik layar, Ashworth juga dikenal sebagai mantan pemain sepak bola. Ia pernah menjadi bagian dari akademi Norwich City, namun gagal menembus tim utama. Selanjutnya, ia juga bermain untuk tim lokal seperti Wisbech City.

Tak sukses sebagai pemain, Ashworth mulai membangun namanya melalui serangkaian peran di luar lapangan. Ia sempat menjadi pelatih untuk tim Peterborough United dan Cambridge United, sebelum bergabung dengan West Bromwich Albion pada tahun 2004 sebagai Direktur Akademi. Tidak lama kemudian, ia diangkat sebagai Direktur Olahraga klub tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2474 seconds (0.1#10.140)