Thomas Tuchel Senang Raih Gelar Liga Jerman Perdana bersama Bayern Muenchen

Minggu, 28 Mei 2023 - 07:30 WIB
loading...
Thomas Tuchel Senang Raih Gelar Liga Jerman Perdana bersama Bayern Muenchen
Thomas Tuchel berhasil menjuarai Liga Jerman 2022/2023 bersama Bayern Muenchen. Foto: REUTERS/Benjamin Westhoff
A A A
COLOGNE - Thomas Tuchel bisa dikatakan membukukan sejarah. Sebab, dia berhasil menjuarai Liga Jerman 2022/2023 pada debut musimnya sebagai pelatih Bayern Muenchen.



Bayern secara mengejutkan memecat Julian Nagelsmann pada Maret lalu. Tuchel lalu dipilih untuk menggantikannya pada 24 Maret.

Tapi, kiprah Tuchel di Allianz Arena ternyata tidak semulus harapan. Dia dipaksa melihat Bayern tersingkir dari Piala Liga Jerman dan Liga Champions.

Tidak hanya itu, Bayern juga terancam gagal mempertahankan gelar Liga Jerman. Pasalnya, Jerman tertinggal dua poin dari Borussia Dortmund pada laga penutup.

Ada sejumlah syarat agar Bayern bisa mematahkan prediksi dan mempertahankan singgasana. Mereka wajib mengalahkan FC Koln, dan Dortmund terpeleset di kandang Mainz.

Tanpa diduga, semuanya terpenuhi. Bayern menang 2-1 atas Koln dan Dortmund ditahan Mainz 2-2. Alhasil, mereka sama-sama mengoleksi 71 poin. Namun, Die Roten unggul selisih gol.

Momen ini disambut Tuchel dengan suka cita. Sebab, dia bisa memenuhi harapan dengan setidaknya membantu Bayern menjuarai Liga Jerman untuk 11 kali secara beruntun.

"Pertandingan hari ini menggambarkan fase saya sebagai pelatih di sini. Tapi kami punya satu tanda seru terakhir," kata Tuchel dilansir reuters

Ini menjadi gelar Liga Jerman perdana Tuchel. Sebab, ketika dulu melatih Dortmund, dia gagal mendapatkannya. Itu berarti dia telah mendapat trofi bersama empat tim berbeda.

"Kami memulai dengan baik, memimpin, memiliki peluang besar lainnya. Itulah ringkasan musim kami, tetapi Jamal memiliki satu momen lagi," pungkasnya.

Baca Juga: Dramatis! Bayern Muenchen Juara Liga Jerman untuk 11 Kali Beruntun

Selama melatih Bayern, Tuchel baru memimpin 12 laga disemua kompetisi, dengan rincian 6 menang, 2 imbang dan 4 kalah.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)