Intensitas Meningkat, Ukraina: Langkah Pertama Serangan Balasan Telah Dimulai

Minggu, 28 Mei 2023 - 10:15 WIB
loading...
Intensitas Meningkat, Ukraina: Langkah Pertama Serangan Balasan Telah Dimulai
Intensitas meningkat, Ukraina sebut langkah pertama serangan balasan telah dimulai. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Penasihat presiden Ukraina , Mykhailo Podolyak, mengatakan bahwa operasi pendahuluan telah mulai membuka jalan bagi serangan balasan terhadap pasukan pendudukan Rusia .

“Ini proses yang rumit, bukan masalah satu hari atau tanggal tertentu atau jam tertentu,” kata Podolyak dalam wawancara dengan The Guardian.

“Ini adalah proses deokupasi yang sedang berlangsung, dan proses tertentu sudah terjadi, seperti menghancurkan jalur pasokan atau meledakkan depot di belakang jalur," sambungnya.

“Intensitasnya meningkat, tetapi akan memakan waktu yang cukup lama,” tambahnya seperti dilansir dari media Inggris itu, Minggu (28/5/2023).

Ia memprediksi bahwa saat serangan balasan mengumpulkan momentum, akan ada lebih banyak serangan ke Rusia oleh kelompok pemberontak Rusia, seperti penyerbuan di wilayah Belgorod awal pekan ini.

Cuaca kering yang panjang telah mendorong antisipasi serangan balasan, seperti halnya serangan oleh kelompok pemberontak Rusia yang didukung Ukraina ke Belgorod, kemungkinan dimaksudkan untuk menarik pasukan dan peralatan menjauh dari garis depan di Ukraina.

Podolyak membantah kelompok Rusia – Korps Sukarelawan Rusia dan Legiun Kebebasan Rusia – yang termasuk ekstremis sayap kanan dalam barisan mereka, bertindak atas perintah Kiev. Dia mengatakan kontrak mereka sebagai bagian dari legiun asing Ukraina telah berakhir dan oleh karena itu mereka berstatus warga negara Federasi Rusia untuk sementara waktu di wilayah Ukraina.



Namun dia mengatakan Kiev tidak bertindak untuk menghentikan serangan.

"Kami sangat bersimpati dengan gerakan protes apa pun yang ada di Rusia," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)