Atlet Indonesia Bidik Hat-trick Gelar Juara Umum Asean Para Games

Selasa, 30 Mei 2023 - 23:02 WIB
loading...
Atlet Indonesia Bidik Hat-trick Gelar Juara Umum Asean Para Games
Bendera dikibarkan CdM Asean Paragames XII Cambodia 2023 (Andi Herman) - Balaikota Surakarta, 29 Mei 2023 - Dokumentasi : NPC Indonesia / Robby
A A A
PHNOM PENH - Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Andi Herman, menyatakan bahwa para atlet Merah Putih siap "tempur" menghadapi ASEAN Para Games XII/2023 yang akan berlangsung dari tanggal 3 hingga 9 Juni 2023. Menurut Andi Herman, para atlet telah siap baik dari segi fisik maupun mental untuk mencetak gelar juara umum ketiga secara beruntun.

Mereka didampingi oleh tim pendukung yang terdiri dari psikolog, masseur, dokter, dan tenaga pendukung lainnya untuk menjaga kondisi atlet agar siap bertanding. Hal ini diungkapkan Andi Herman melalui keterangan tertulis dari NPC Indonesia yang diterima di Jakarta pada hari Selasa (30/5/2023).



Andi menambahkan bahwa Indonesia bertekad untuk mencatatkan sejarah dengan meraih gelar juara umum secara beruntun untuk ketiga kalinya dalam pesta olahraga disabilitas terbesar di Asia Tenggara ini. "Hal ini akan menjadi catatan sejarah yang sulit untuk disamai oleh negara lain," tambahnya.

Dalam upaya mencapai target juara umum, kontingen Indonesia berupaya untuk meraih minimal 121 medali emas dengan melibatkan 268 atlet yang akan berpartisipasi dalam 12 cabang olahraga, antara lain para-tletik, para-bulu tangkis, para-tenis meja, para-renang, angkat berat, blind judo, para-catur, bola voli duduk, sepak bola cp, boccia, bola basket kursi roda, dan goalball.

"Andaian tersebut didasarkan pada perhitungan dan hasil latihan serta try out selama ini. Jumlah tersebut lebih besar dari target sebelumnya ketika kami menjadi tuan rumah (ASEAN Para Games 2022) dengan target 104 medali emas," ungkap Andi.

Dalam dua edisi ASEAN Para Games sebelumnya, Indonesia telah menunjukkan kekuatannya dengan selalu meraih gelar juara umum. Pada ASEAN Para Games IX/2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, tim Merah Putih berhasil meraih 126 medali emas, 75 perak, dan 50 perunggu.

Pada kesempatan tersebut, Indonesia berhasil mengungguli tuan rumah Malaysia yang berada di posisi kedua dengan perolehan 90 emas, 85 perak, dan 83 perunggu. Thailand menempati posisi ketiga dengan meraih 68 emas, 73 perak, dan 95 perunggu.

Selanjutnya, Indonesia sukses mempertahankan gelar juara saat menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI/2022 di Solo, Jawa Tengah, dengan meraih 175 emas, 144 perak, dan 107 perunggu.

Thailand menempati posisi kedua dengan raihan 117 emas, 113 perak, dan 88 perunggu. Sementara Vietnam berada di posisi ketiga dengan meraih 65 emas, 62 perak, dan 55 perunggu.

Ketua Umum Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia Senny Marbun optimistis kontingen Merah Putih bisa meraih hattrick juara umum pada ASEAN Para Games 2023 Kamboja.

"Semua sudah kami persiapkan dengan matang. Atas izin Tuhan kami yakin bisa meraih juara umum tiga kali beruntun," kata Senny.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)