Timnas Malaysia Tidak Prioritaskan Piala AFF U-23 2023

Rabu, 31 Mei 2023 - 01:01 WIB
loading...
Timnas Malaysia Tidak Prioritaskan Piala AFF U-23 2023
Timnas Malaysia Tidak Prioritaskan Piala AFF U-23 2023
A A A
KUALA LUMPUR - Tim nasional (Timnas) Malaysia U-23 tidak memberikan prioritas pada Piala AFF U-23 meskipun berada dalam grup yang sama dengan Timnas Indonesia U-23. Presiden Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Datuk Hamidin Mohammad Amin, menyatakan bahwa Kualifikasi Piala Asia U-23 memiliki tingkat kepentingan yang lebih tinggi.

Timnas Malaysia U-23 tergabung dalam Grup B Piala AFF 2023 bersama Timnas Indonesia U-23 dan Timor Leste U-23. Turnamen ini akan diselenggarakan pada 17-26 Agustus mendatang di Thailand.



Meskipun berpartisipasi dalam Piala AFF U-23, Timnas Malaysia U-23 berharap dapat memasukkan Luqman Hakim Shamsudin dan Nooa Laine yang sedang berkarir di Eropa ke dalam tim. Namun, kedua pemain tersebut tidak mendapatkan izin dari klub masing-masing karena bukan merupakan agenda resmi FIFA.

Sementara itu, Datuk Hamidin Mohammad Amin menyatakan bahwa Timnas Malaysia U-23 tidak mengutamakan gelar juara Piala AFF U-23. Meskipun demikian, ia berharap Timnas Malaysia U-23 dapat mencapai prestasi yang baik dalam turnamen tersebut.

“Turnamen AFF U-23 biasanya digunakan sebagai persiapan untuk babak kualifikasi Piala AFC karena setelah turnamen, kita akan melanjutkan ke Bangkok untuk babak kualifikasi final," kata Datuk Hamidin Mohammad Amin seperti yang dilansir dari Stadium Astro, Selasa (30/5/2023).

"Oleh karena itu, saya berharap kami dapat mencapai tahap selanjutnya dalam turnamen ini, baik itu babak semifinal atau final," jelasnya.

Namun, Datuk Hamidin Mohammad Amin menegaskan bahwa Timnas Malaysia U-23 tidak akan diperkuat oleh pemain-pemain terbaiknya karena klub tidak mengizinkannya bermain karena bukan merupakan agenda resmi FIFA. Menurutnya, Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 memiliki tingkat kepentingan yang lebih tinggi karena termasuk dalam kalender FIFA.

“Namun, perlu diingat bahwa Kejuaraan AFF U-23 ini tidak termasuk dalam kalender FIFA, sehingga banyak pemain yang mungkin tidak bisa berpartisipasi karena terlibat dalam Liga Super atau Piala Malaysia pada saat itu," ujarnya.

“Namun setelah itu, akan ada kualifikasi Piala AFC U-23, yang memiliki tingkat kepentingan yang lebih tinggi, di mana kami ditempatkan dalam Grup H bersama Thailand, Bangladesh, dan Filipina. Hanya tim terbaik dan empat tim terbaik kedua yang akan lolos ke turnamen utama tahun depan. Ini memiliki tingkat kepentingan yang lebih tinggi karena termasuk dalam kalender FIFA," pungkasnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)