Djokovic Makin Berpeluang Ciptakan Djoker Slam Musim Ini

Senin, 06 Juni 2016 - 09:47 WIB
Djokovic Makin Berpeluang Ciptakan Djoker Slam Musim Ini
Djokovic Makin Berpeluang Ciptakan Djoker Slam Musim Ini
A A A
PARIS - Novak Djokovic menyempurnakan statusnya sebagai petenis nomor wahid dunia. Ia baru saja memenangkan Grand Slam Prancis Terbuka yang mana melengkapi daftar grand slam yang sudah ia menangi.

Djokovic menang atas petenis Inggris Andy Murray dengan skor 3-6, 6-1, 6-2, 6-4 di final yang berlangsung Minggu (5/6/2016). Keberhasilan itu seolah melepas kutukan petenis Serbia yang sebelumnya tak pernah menang di Paris.

Sejak memulai debutnya di Grand Slam 12 tahun lalu, hanya gelar di Prancis Terbuka yang belum pernah ia menangi. Prestasi terbaik sebelumnya hanyalah menembus final sebanyak tiga kali.

Terakhir, ia melaju ke final Roland Garros tahun lalu. Namun sayangnya, kutukan masih menyelimuti dirinya dan akhirnya kalah dari Stanislas Wawrinka.

Namun tahun ini, Djokovic bisa menebus dosanya di Paris. Menang empat set atas Murray, ayah satu anak itu akhirnya bisa merasakan sensasi mencium trofi La Coupe des Mousquetaires untuk pertama kalinya.

"Ini momen yang sangat spesial. Mungkin yang terbaik dalam karier saya," ucap Djokovic yang kini mengoleksi 12 Grand Slam sepanjang kariernya.

Gelar pertama Djokovic di Prancis memang sempurna. Ia mengalahkan Murray yang sudah ia singkirkan di final Australia Terbuka awal tahun lalu. Kemenangan itu membuatnya unggul 8-2 dari 10 pertemuan terakhir di final Grand Slam melawan petenis nomor dua dunia tersebut.

"Ini sesuatu yang langka di tenis. Ini butuh waktu yang lama untuk bisa membuatnya terjadi lagi," sesal Murray.

Djokovic pun berpeluang merealisasikan ambisinya merebut Djoker Slam atau menyapu bersih semua Grand Slam tahun ini. Setelah Paris, ia akan bertolak ke Inggris guna bertarung di Wimbledon, lalu berlaga di AS Terbuka.

Saat ini, Djokovic masih berstatus juara bertahan di Wimbledon dan AS Terbuka 2015. Jika menilik catatan, peluang Djokovic merebut empat gelar Grand Slam musim ini terbuka lebar mengingat pada musim 2011 dan 2015, kegagalannya menciptakan Djoker Slam hanya karena kalah di Prancis Terbuka.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1493 seconds (0.1#10.140)