Sederet Nama Ospek di Universitas Favorit Tanah Air, Ada Kampusmu?

Kamis, 01 Juni 2023 - 07:12 WIB
loading...
Sederet Nama Ospek di Universitas Favorit Tanah Air, Ada Kampusmu?
Sederet nama ospek di universitas favorit Tanah Air ini menarik untuk diketahui. Foto DOK UI
A A A
JAKARTA - Sederet nama ospek di universitas favorit Tanah Air ini menarik untuk diketahui. Terlebih bagi para calon mahasiswa baru (maba) yang akan memulai perjalanannya di perguruan tinggi .

Ospek atau Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus merupakan sebuah kegiatan yang umum dilakukan mahasiswa baru. Biasanya, kegiatan ini menjadi ajang pengenalan kampus yang dibalut dengan banyak aktivitas menarik.


Nama Ospek di Universitas Favorit Tanah Air

Berikut sejumlah nama ospek atau kegiatan pengenalan kampus di beberapa universitas favorit Tanah Air.

1. OKK UI - Universitas Indonesia

OKK UI adalah singkatan dari Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia. Mengutip laman resminya, OKK UI ini menjadi kegiatan pengenalan dan pembinaan kehidupan kampus untuk mahasiswa baru (maba) Universitas Indonesia (UI).

Pada tujuannya, OKK UI dilaksanakan sebagai awal terciptanya kebersamaan antar mahasiswa baru. Dari tahun ke tahun, kegiatan ini menyajikan banyak acara yang menjadi momentum mahasiswa baru UI ketika mengawali gerbang perkuliahan.

2. PPSMB UGM - Universitas Gadjah Mada

PPSMB adalah singkatan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru. Kegiatan ini merupakan kegiatan resmi orientasi dan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru (maba) di lingkungan UGM.

Mengutip laman resminya, kegiatan PPSMB UGM memiliki dua tujuan secara umum. Pertama, mewujudkan kegiatan orientasi dan pengenalan kampus yang berdasar nilai luhur dan jati diri universitas.

Kemudian kedua adalah membentuk karakter mahasiswa yang mengedepankan sikap sebagai intelektual dengan mengandalkan kecerdasan berpikir, kedewasaan bertutur kata dan bertindak, anti kekerasan, berbudaya, bermartabat, inspiratif, serta menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.


3. ODM Undip - Universitas Diponegoro

ODM merupakan singkatan Orientasi Diponegoro Muda. Kegiatan ini menjadi gerbang awal dari rangkaian perjalanan mahasiswa baru Universitas Diponegoro.

Tujuannya adalah menanamkan nilai-nilai ke-Diponegoroan sehingga mampu menumbuhkan cinta dan bangga terhadap almamater serta nantinya bisa menjadi lulusan yang kompeten.

4. OSKM ITB - Institut Teknologi Bandung

Berikutnya ada Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru, mereka memiliki Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa ITB (OSKM ITB).

5. MPKMB IPB - Institut Pertanian Bogor

MPKMB IPB adalah Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru Institut Pertanian Bogor. Kegiatan tersebut menjadi masa pengenalan kampus bagi mahasiswa baru (maba) IPB.

Itulah sederet nama ospek di universitas favorit Tanah Air.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)