Profil Ziyad Al Mayouf, Petinju Profesional Arab Saudi Pertama dalam Sejarah

Jum'at, 02 Juni 2023 - 10:00 WIB
loading...
Profil Ziyad Al Mayouf, Petinju Profesional Arab Saudi Pertama dalam Sejarah
Profil Ziyad Al Mayouf, Petinju Profesional Arab Saudi Pertama dalam Sejarah
A A A
RIYADH - Petinju Arab Saudi Ziyad Al Mayouf telah mencatat sejarah sebagai petinju profesional pertama dari negara tersebut. Pada usia 22 tahun, ia berhasil meraih kemenangan di ajang tinju profesional saat bertanding melawan Alfredo Alatorre, yang juga melakukan debut profesional pada pertengahan tahun 2022.

Sebelum menjadi petinju profesional, Ziyad melewati banyak perjalanan dan tantangan di dunia tinju amatir. Karirnya sebagai petinju dimulai sejak ia masih kecil.

Profil Ziyad Al Mayouf


Ziyad Al Mayouf, nama lengkap Ziyad Ibrahim Al Mayouf, lahir di Arab Saudi pada 2 Juli 2000. Ia adalah seorang petinju Arab Saudi yang memiliki karier cemerlang.

Menurut laman Scoompempire, Jumat (2/6/2023), Ziyad, atau yang akrab dipanggil Zizo, mulai tertarik dengan tinju saat berusia 10 tahun. Awalnya, ia bermain tenis di Gezira Sporting Club, namun minatnya beralih ke tinju.

Dengan kesadaran tersebut, Zizo mengajukan diri untuk berlatih dengan Kapten AbdelKader. Setiap minggu, ia berlatih selama 2 hingga 6 hari.

Tak menghiraukan segala tantangan yang dihadapinya, Zizo terus berlatih dan memberikan segalanya dalam dunia tinju. Meski awalnya ia sering kalah dalam pertandingan, Zizo tak patah semangat.

Dengan tekad kuatnya untuk menjadi petinju profesional, Zizo mulai meraih beberapa kemenangan. Akhirnya, ia direkrut oleh Hall of Fame Fighter, James Buddy McGirt, yang dikenal sebagai Mantan Pelatih Terbaik Tahun Ini, dalam waktu kurang dari dua tahun.

McGirt sendiri adalah mantan juara dunia dua kali dan membantu mewujudkan impian Ziyad untuk menjadi petinju profesional.

Di bawah bimbingan Buddy McGirt di Los Angeles, Ziyad menjalani pelatihan selama delapan minggu di Liverpool, Inggris, bersama dengan Callum Smith. Mereka juga muncul dalam pertarungan "Rage on the Red Sea" melawan Mathieu Bauderlique di kelas berat ringan.

Setelah melalui pelatihan yang cukup intensif dengan McGirt, Zizo melakukan debut profesionalnya pada bulan Agustus 2022. Pada pertandingan debutnya, Zizo berhasil mengalahkan petinju asal Meksiko, Alfredo Alatorre, dengan teknik KO di ronde pertama.

Pertandingan Zizo di King Abdullah Sports City Arena di Jeddah juga merupakan salah satu pertandingan yang ditunggu-tunggu. Saat itu, diadakan pertarungan "Rage On The Red Sea" antara dua petinju juara, yaitu Oleksandr Usyk dan Anthony Joshua, yang memperebutkan gelar WBA (Super), gelar IBF, dan gelar WBO.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)