Liga Arab Saudi Penampungan di Pengujung Karier Pesepak Bola Usia 30-an ke Atas

Selasa, 06 Juni 2023 - 19:54 WIB
loading...
Liga Arab Saudi Penampungan di Pengujung Karier Pesepak Bola Usia 30-an ke Atas
Arab Saudi sepertinya tidak main-main untuk menjadikan Liga Arab Saudi sebagai penampungan pemain top dunia yang berusia 30 tahun ke atas / Foto: InsideSport
A A A
Arab Saudi sepertinya tidak main-main untuk menjadikan Liga Arab Saudi sebagai penampungan pemain top dunia yang berusia 30 tahun ke atas. Mampukah negara penghasil minyak terbesar di dunia itu mengubah kiblat sepak bola Eropa ke Timur Tengah?

Dalam beberapa hari terakhir penggemar sepak bola di Eropa dihebohkan dengan pemberitaan mengenai rencana kepindahan Lionel Messi dan Karim Benzema ke Timur Tengah. Al-Ittihad dan Al-Hilal adalah dua klub yang tertarik untuk mendatangkan mantan pemain Paris Saint Germain (PSG) dan Real Madrid berakhir.

Messi sejauh ini belum diketahui apakah kembali ke Barcelona atau menerima pinangan Al-Hilal. Tapi berbeda dengan Benzema. Pemain yang sudah menyumbangkan banyak trofi bergengsi selama 14 musim membela Madrid itu dilaporkan menerima tawaran Al-Ittihad senilai 258 juta euro atau sekira Rp4 triliun dengan kontrak berdurasi tiga tahun.



Dari laporan DailyMail, Selasa (6/6/2023), Benzema menyetujui kesepakatan senilai 86 juta euro per musim untuk bergabung dengan juara Liga Profesional Saudi yang berbasis di Jeddah. Kepindahan Benzema bakal dikonfirmasi dalam waktu dekat meskipun Madrid berencana mengadakan acara perpisahan untuk pemain brewok terlebih dahulu.

Kesepakatan Benzema bernilai 86 juta euro (Rp1,3 triliun) bebas pajak dengan syarat mempromosikan Piala Dunia 2030 di negara itu. Sekadar informasi, dana kekayaan kedaulatan negara telah mengambil 75 persen saham di Al-Ittihad serta Al-Nassr, Al-Hilal dan Al-Ahli.

Akun Twitter resmi PIF mengatakan: "Sebagai bagian dari pengumuman Proyek Investasi dan Privatisasi Klub Olahraga hari ini, empat klub Saudi - Al Ittihad, Al Ahli, Al Nassr dan Al Hilal - telah diubah menjadi perusahaan, yang masing-masing dimiliki oleh PIF dan yayasan nirlaba untuk setiap klub."

"Kepemilikan PIF di perusahaan klub mewakili 75 persen di setiap klub, sementara yayasan nirlaba masing-masing memegang 25 persen kepemilikan di setiap klub. Transfer keempat klub akan membuka berbagai peluang komersial, termasuk investasi, kemitraan, dan sponsor di berbagai cabang olahraga.


9 Bintang Hijrah ke Arab Saudi


Selain Cristiano Ronaldo yang sudah bergabung dengan Al-Nassr, dan Benzema yang tinggal menunggu pengumuman. Ada yang menyebut jika Arab Saudi ingin mendatangkan banyak pemain bintang.

Total ada sembilan pemain yang ditargetkan hijrah ke Arab Saudi. Mereka adalah N'Golo Kante, Roberto Firmino, Luka Modric, Hugo Lloris, Sergio Ramos, Angel Di Maria, Kante, Jordi Alba dan Sergio Busquets.

Liga Pro Saudi, yang musim depan diperluas menjadi 18 tim yang masing-masing diizinkan untuk menurunkan delapan pemain asing, juga akan melakukan perombakan struktural dengan rencana memprivatisasi klub mulai September. Klub-klub tersebut, yang saat ini menjadi properti publik di bawah pengawasan kementerian olahraga, akan dijual kepada perusahaan swasta atau pebisnis sebagai bagian dari rencana untuk melipatgandakan nilai liga menjadi delapan miliar riyal ($3,2 miliar) pada tahun 2030.

"Liga Pro Saudi ... akan didukung dalam ambisinya untuk menjadi salah satu dari 10 liga teratas di dunia," kata kantor berita resmi Saudi Press Agency.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)