Viral Video Polisi Hisap Bisa Ular, Begini Cara Penanganan yang Benar

Sabtu, 10 Juni 2023 - 23:00 WIB
loading...
Viral Video Polisi Hisap Bisa Ular, Begini Cara Penanganan yang Benar
Video viral di Twitter yang memperlihatkan anggota polisi tengah menghisap bisa untuk menyelamatkan nyawa seorang anak. Foto: tangkapan layar Instagram
A A A
JAKARTA - Sebuah video viral di Twitter menunjukkan seorang polisi yang sedang menyelamatkan seorang anak yang diduga digigit ular. Kondisinya, anak tersebut duduk dengan salah satu tangan yang diikat.

Aksi penyelamatan yang dilakukan polisi tersebut terlihat ngilu dan berbahaya. Sebab, polisi itu berupaya menghisap bisa ular dengan mulutnya.

Video tersebut lantas jadi diskusi diantara warganet. Banyak yang mempertanyakan keamanan menghisap bisa dengan mulut.

"Niatnya baik tapi..," ujar @ulv***

"Izin pak, hanya sosialisasi cara penanganan pasien gigitan ular yang baik," kata @ojen***

"Panduan pencegahan kecelakaan gigitan ular dari Drh. Nur Purba Priambada (vet). Hal² yg harus dilakukan dan hal² yg dilarang saat kita tergigit ular berbisa," ucap @Her****

Video yang diunggah akun @PolrestaPati ini mendapat respon baik secara umum dari warganet. Namun, hanya saja beberapa dari mereka mengingatkan cara penanganan ular yang baik.

Lantas apakah aman menghisap bisa ular gunakan mulut?

Dr. Diane Calello dari Rutgers New Jersey Medical School di Newark, AS, mengatakan bahwa menghisap bisa ular tidak efektif dan berpotensi berbahaya. Karena berisiko memindahkan sebagian racun dari gigitan ke dalam mulut.

“Terlebih apabila ada luka atau Infeksi di mulut, ini memberikan jalur langsung untuk racun masuk ke dalam aliran darah. Begitu pula sebaliknya, Anda juga berisiko memindahkan bakteri dari mulut ke luka gigitan ular, sehingga meningkatkan kemungkinan Anda terkena infeksi," kata dr Calello dilansir dari Health Digest.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2179 seconds (0.1#10.140)