ASEAN Para Games 2023 Resmi Ditutup, Kamboja Serahkan Tongkat Estafet ke Thailand

Jum'at, 09 Juni 2023 - 21:13 WIB
loading...
ASEAN Para Games 2023 Resmi Ditutup, Kamboja Serahkan Tongkat Estafet ke Thailand
Upacara Penutupan ASEAN Para Games ke-12 yang diselenggarakan di Stadion Nasional Morodok Techo Phnom Penh, Kamboja, Jumat (9/6/2023). (ANTARA/Aditya Ramadhan)
A A A
PHNOM PENH - ASEAN Para Games 2023 , yang berlangsung sejak 5 Juni lalu, resmi ditutup hari ini. Upacara penutupan digelar di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (9/6/2023) malam WIB.

Sejumlah acara menarik dihadirkan dalam seremoni penutupan ajang dua tahunan tersebut. Para penonton yang telah hadir di stadion sebelumnya disuguhkan dengan berbagai hiburan dari para penampil.



Setelah itu, puluhan anak-anak kecil turun ke lapangan dan melakukan tarian dengan membawa hiasan berbentuk hati. Mereka disertai oleh penampilan vokal penyanyi lokal Kamboja.

Setelah penampilan tersebut, pertunjukan kembang api berwarna-warni terlihat di luar stadion tempat acara berlangsung. Acara kemudian dilanjutkan dengan nyanyian dari trio penyanyi Kamboja yang didukung oleh grup musik di belakang mereka.

Seremoni penutupan dilanjutkan dengan pidato dari beberapa tokoh, termasuk Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, yang secara resmi menutup ASEAN Para Games 2023. Bendera ASEAN Para Sports Federation (APSF) kemudian diturunkan dari tiang bendera.

Selanjutnya, bendera negara Thailand dikibarkan sebagai tanda bahwa gelaran olahraga disabilitas se-Asia Tenggara akan dilanjutkan di negara tersebut. Thailand akan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2026 mendatang.

Penampilan menarik dari sejumlah penari dilakukan, termasuk tim cheerleader tuna rungu. Penyanyi-penyanyi juga tampil dengan diiringi penari-penari di belakang mereka.

Serangkaian acara penutupan ASEAN Para Games 2023 ditutup dengan pesta kembang api yang mempercantik langit Phnom Penh malam ini. Letusan kembang api terakhir menandai berakhirnya ASEAN Para Games 2023.

ASEAN Para Games 2023 dikuasai Indonesia yang keluar sebagai juara umum dengan perolehan 159 emas, 148 perak, dan 94 perunggu. Gelar ini menjadi yang ketiga secara beruntun dikuasai Merah Putih di pesta olahraga tersebut.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)