Permalukan Belanda, Kroasia Lolos ke Final UEFA Nations League!

Kamis, 15 Juni 2023 - 04:30 WIB
loading...
Permalukan Belanda, Kroasia Lolos ke Final UEFA Nations League!
Timnas Kroasia lolos ke final Liga A UEFA Nations League 2022/2023/foto/Reuters
A A A
ROTTERDAM - Timnas Kroasia lolos ke final Liga A UEFA Nations League 2022/2023. Tim berjuluk Vatreni itu mempermalukan Belanda 4-2 lewat babak perpanjangan waktu pada semifinal di Stadion De Kuip, Rotterdam, Kamis (15/6/2023) dini hari WIB.

Belanda sempat unggul di babak pertama. Donyell Malen memecah kebuntuan De Oranje pada menit ke-34, bekerja sama dengan Mats Wieffer. Umpan Wieffer dimaksimalkan Malen lewat tembakan keras dengan kaki kanannya ke pojok kanan yang tak mampu dijangkau kiper Dominik Livakovic. Gol semata wayang bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua Belanda kebobolan dua gol. Kroasia mendapat gairah baru untuk menyamakan kedudukan. Cody Gakpo membuat kesalahan di kotak penalti dengan menarik kaos Luka Modric. Wasit pun memberikan tendangan penalti!

Menit ke-55 Kroasia menyamakan kedudukan. Andrej Kramaric dengan tenang menjebol gawang Belanda ke arah kiri saat kiper Justin Bijlow melompat ke arah berlawanan.

Belanda coba menambah gol. Namun, upaya Wieffer dari sudut sempit menit ke-57 tak membuahkan hasil. Justru Kroasia berbalik unggul 2-1 setelah Mario Pasalic mencetak gol dengan kaki kirinya menit ke-72 setelah memaksimalkan umpan Luka Ivanusec.

Kemenangan di depan mata, namun itu belum berakhir buat Kroasia. Penyernag Belanda Noa Lang berhasil menyelamatkan De Oranje lewat gol telat. Sempat terjadi kemelut di mulut gawang Kroasia Noa Lang berhasil mencetak gol penyama kedudukan gol di menit ke-90+6. Laga pun dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Pada babak extra time, Kroasia berhasil menambah gol melalui Bruno Petkovic. Masuk menggantikan Josip Sutalo pada menit ke-91, Petkovic menciptakan gol dari jarak jauh dari luar kotak penalti ke pojok kanan gawang Belanda di menit ke-98. Luka Modric memberi assist gol ini, dan Kroasia unggul 3-2.

Pada menit ke-116, Kroasia memperlebar keunggulan 4-2 lewat penalti. Tyrrel Malacia mengganjal Petkoic di kotak terlarang. Luka Modric yang menjadi algojo tanpa cela menuntaskan tugasnya. Modric mengirimkan tembakannya ke arah yang berlawanan saat Bijlow melompat ke kanan.

Kroasia pun berada di final! Ini pertama kali Kroasi lolos ke final UEFA Nations League. Di partai puncak, mereka akan bertemu pemenang antara Spanyol melawan Ialia. Laga final di gelar Minggu (18/6/2023)

Susunan pemain

Belanda (4-3-3): Bijlow; Geertruida, Van Dijk, Ake, Dumfries; De Jong, Wieffer, Koopmeiners; Simons, Gakpo, Malen
Cadangan: Flekken, Noppert, Bergwijn, Blind, Botman, Lang, Malacia, De Roon, Timber, Weerman, Weghorst, Wijnaldum.
Pelatih: Ronald Koeman

Kroasia (4-3-3): Livakovic; Juranovic, Sutalo, Vida, Perisic; Brozovic, Modric, Kovacic; Pasalic, Kramaric, Ivanusec.
Cadangan: Labrovic, Ivusic, Stanisic, Barisic, Erlic, Majer, Vlasic, Petkovic, Musa, Sosa, Beljo.
Pelatih: Zlatko Dalic
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)