Lomba Lari Jogja Marathon 2023 Promosikan ESG dan Ekowisata

Jum'at, 16 Juni 2023 - 14:54 WIB
loading...
Lomba Lari Jogja Marathon 2023 Promosikan ESG dan Ekowisata
Konferensi Pers Mandiri Jogja Marathon 2023 di Yogyakarta, Kamis (15/6/2023). Foto: IST
A A A
YOGYAKARTA - Lomba lari Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2023 akan digelar akhir pekan ini, Minggu (18/6/2023). Ajang ini, selain untuk mengolahragakan masyarakat, juga mempromosikan prinsip environmental, social, and governance (ESG) sekaligus menjadi ajang berwisata berwawasan lingkungan (ekowisata).

Sebanyak 8.000 peserta dari 18 negara akan berpartisipasi dalam lomba lari Jogja Marathon 2023 yang digelar di kawasan Prambanan. Sebanyak 4 kategori akan lombakan, yakni Marathon (42 Km), Half Marathon (21 Km), 10 Km dan 5 Km (Fun Run).



Wakil Presiden Corporate Communication Bank Mandiri, Ricky Andriano, menjelaskan pihaknya bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mengangkat kekayaan budaya dan produk lokal ketika menggelar lomba lari Jogja Marathon.

“Mandiri Jogja Marathon 2023 seperti tahun-tahun sebelumnya, diharapkan dapat menjadi katalis pendorong pertumbuhan pariwisata di Indonesia, khususnya Yogyakarta, serta menggerakan perekonomian secara maksimal. Kami berharap hal ini dapat menjadi pemicu yang positif bagi ekonomi di dalam negeri,” ujar Ricky dalam Konferensi Pers Mandiri Jogja Marathon 2023 di Yogyakarta, Kamis (15/6/2023).

Wujud Kepedulian Lingkungan dan UMKM

Tak berhenti di situ, sebagai konsistensi dalam menggelorakan semangat pembangunan berkelanjutan. Bank Mandiri juga melakukan perbaikan dan renovasi di beberapa titik yang menjadi rute yang akan dilalui peserta MJM 2023, mulai dari rute Fun Run (5 Km) hingga rute Marathon (42 Km).

“Hal ini yang menjadi bentuk konsistensi kami, sejak digelar tahun 2017 silam Bank Mandiri secara aktif melakukan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) secara aktif, terutama dari sisi perbaikan jalan yang menjadi rute para peserta,” ungkap Ricky.

Pejabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY mengungkapkan, untuk menarik minat wisata pihaknya juga telah melibatkan sejumlah pedagang UMKM lokal untuk ikut serta meramaikan ajang perlombaan maraton ini.

“Kami tidak hanya ingin melibatkan peserta, tetapi juga ingin memperkenalkan kembali kearifan lokal dan budaya Yogyakarta kepada para wisatawan, penonton, dan pihak-pihak lainnya agar ikut serta dalam memeriahkan Mandiri Jogja Marathon tahun ini,” terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6295 seconds (0.1#10.140)