Terima MCH Daker Madinah, Media Center Masjid Nabawi Beberkan Layanan untuk Jemaah Haji

Minggu, 18 Juni 2023 - 06:18 WIB
loading...
Terima MCH Daker Madinah, Media Center Masjid Nabawi Beberkan Layanan untuk Jemaah Haji
Media Center Masjid Nabawi mengajak awak media yang tergabung dalam MCH Daker Madinah untuk mengetahui lebih jauh mengenai pelayanan di masjid peninggalan Nabi Muhammad SAW itu. Foto: SINDOnews/Sucipto
A A A
MADINAH - Media Center Masjid Nabawi mengajak awak media yang tergabung dalam Media Center Haji ( MCH ) Daker Madinah mengetahui lebih jauh mengenai pelayanan di masjid peninggalan Nabi Muhammad SAW itu. Hal itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan pada Kamis 15 Juni 2023, sekaligus dalam rangka memperkuat kerja sama antara kedua media center tersebut.

Dipimpin Kasi MCH Daker Madinah Ubaidillah, sebanyak 13 awak MCH memenuhi undangan Media Center Masjid Nabawi untuk bertemu. Selepas Salat Zuhur, seluruh awak media MCH diajak masuk ke Masjid Nabawi melalui pintu 8.



Di dalam masjid, Direktur Pelayanan Jamaah Masjid Nabawi Ahmad Bin Ali Al Johan kemudian menemui awak media MCH dan memaparkan bagaimana pelayanan yang diberikan Masjid Nabawi kepada para jemaah haji dan umrah.

"Karyawan kebersihan sebanyak 3.000 dikerahkan tidak hanya di dalam masjid saja tapi juga toilet, bersihkan lampu-lampu, termasuk membersihkan masjid lama," ujarnya di Madinah, Sabtu 17 Juni 2023.

Menurut Ahmad, Masjid Nabawi memiliki 72 mobil pembersih. Peralatan tersebut digunakan untuk membersihkan bagian dalam, bagian atas, dan luar masjid.



"Masjid Nabawi setiap hari lima kali dibersihkan dengan 3.000 pegawai tadi. Termasuk toilet, ketika orang keluar langsung dibersihkan," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Ahmad menjelaskan bagaimana pihaknya membersihkan karpet. Termasuk karpet di Raudhah yang berada di masjid lama.

"Setiap 6 bulan sekali khusus Raudhah diganti sama yang baru. Jadi setiap 6 bulan saja digantinya, kalau dicuci dan dikeringkan tetap di sana," ucapnya.

Begitu juga dengan kubah hijau

Menurut Ahmad, ada program khusus untuk membersihkan kubah hijau. "Termasuk menara masjid dibersihkan setiap minggu, jumlahnya sebanyak 10 menara yang dibersihkan setiap minggu," paparnya.

Kasi MCH Daker Madinah Ubaidillah mengapresiasi undangan dari Media Center Masjid Nabawi. Di mana MCH mendapat penjelasan mengenai beberapa pelayanan mulai dari kebersihan, kesehatan, sampai pernak pernik seperti penyediaan kursi untuk lanjut usia (lansia) dan air zamzam.



"Ini merupakan pertama kali kita diundang Biro Pers Masjid Nabawi. Sesuai rencana, hari ini kita diajak keliling Masjid Nabawi oleh Direktur yang bertanggung jawab di bagian internal Masjid Nabawi," terangnya.

Dia berharap kerja sama antara kedua belah pihak ini semakin erat ke depannya. "Harapannya ke depan kita bisa tahu lebih banyak tentang sarana dan prasarana Masjid Nabawi. Sehingga kita bisa membuat program layanan yang sama khususnya saat kita melayani jemaah haji Indonesia," ucapnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2033 seconds (0.1#10.140)