Peringati 40 Tahun RI-Qatar, Indonesia Juara Umum Bowling ASEAN

Minggu, 14 Agustus 2016 - 13:27 WIB
Peringati 40 Tahun RI-Qatar, Indonesia Juara Umum Bowling ASEAN
Peringati 40 Tahun RI-Qatar, Indonesia Juara Umum Bowling ASEAN
A A A
DOHA - Indonesia sabet juara umum pada Kejuaraaan Bowling ASEAN ke-4 yang diadakan oleh ASEAN Committee in Doha (ACD) di Qatar Bowling Centre, di Doha pada tanggal 13 Agustus 2016. Kejuaraan dilaksanakan dalam rangka Perayaan Hari Ulang Tahun ASEAN ke-49.

Kejuaraan Bowling ASEAN ke-4 ini melibatkan Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam. Kejuaraan merupakan upaya untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kerjasama antara perwakilan dan komunitas negara-negara anggota ASEAN di Qatar.
Peringati 40 Tahun RI-Qatar, Indonesia Juara Umum Bowling ASEAN

Kemenangan tersebut merupakan kemenangan pertama kali sejak ACD dibentuk pada 2011, dan merupakan kado indah bagi Indonesia yang sedang memperingati 40 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Qatar yang dimulai sejak 1976. Indonesia merebut tiga medali yaitu juara tunggal putra dan runner-up tunggal putri serta juara ketiga beregu campuran.

Tempat kedua direbut Filipina yang merupakan langganan pemenang juara umum dengan merebut juara beregu campuran. Malaysia merebut runner-up beregu campuran dan tunggal putra. Kejuaraan tersebut juga diliput oleh media Qatar antara lain Qatar Tribune, Gulf Times, The Peninsula, dan Lusail Newspaper.

Dalam acara pembukaan, Ketua ACD, Dubes Wilfredo C. Santos dari Filipina mengharapkan agar kejuaraan ini bertujuan meningkatkan kerja sama, persaudaraan dan kebersamaan antar komunitas, keluarga dan staf perwakilan negara-negara ASEAN di Qatar. Ketua ACD yang baru menjabat sejak 8 Agustus lalu mengharapkan tim yang bertanding menjaga dan memperkuat rasa persaudaraan antara warga ASEAN lainnnya sehingga dapat menjadi contoh bagi komunitas lainnya.

Dubes Santos menambahkan bahwa ACD akan berupaya untuk melakukan kegiatan promosi yang sinergi agar komunitas ASEAN di Qatar yang berjumlah sekitar 300 ribu semakin dikenal di Qatar. Usai pembagian piala, Duta Besar RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi yang didampingi Ketua DWP KBRI Doha, Andi Una Sidehabi, menyampaikan kegembiraannya karena untuk pertama kalinya Indonesia dapat menjadi juara umum.

"Semoga kemenangan ini merupakan indikasi positif semakin meningkatnya hubungan bilateral Indonesia-Qatar serta kerjasama antara perwakilan RI dan negara-negara asing lainnya khususnya Perwakilan ASEAN di Qatar," ujar mantan anggota DPR yang bertugas di Qatar sejak pertengahan Februari 2016.

Menurut Counsellor KBRI Doha, Boy Dharmawan, kemenangan ini merupakan kedua kalinya pada tahun ini. Sebelumnya Indonesia juga berhasil menjadi juara umum Kejuaraan Tenis Meja ASEAN yang diadakan pada awal Juni lalu.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3716 seconds (0.1#10.140)