Doa Pagi Malaikat yang Pasti Dikabulkan

Senin, 19 Juni 2023 - 17:49 WIB
loading...
Doa Pagi Malaikat yang Pasti Dikabulkan
Di waktu pagi hari, terutama sebelum subuh ada dua malaikat yang selalu berdoa yang doanya pasti diijabah Allah SWT, malaikat ini akan mendoakan manusia yang suka berinfak di waktu subuh dan juga sebaliknya mendoakan mereka yang tidak mau berinfak. Foto i
A A A
Setiap muslim dianjurkan berdoa di pagi hari , terutama berdoa sebelum subuh. Doa pagi ini, disebut juga sebagai doa malaikat, karena setiap pagi, ada dua malaikat yang selalu berdoa. Doa malaikat ini pasti dikabulkan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan doa pagi malaikat dalam sabdanya:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا


“Tidaklah ada suatu hari pun di mana hamba-hamba Allah masuk pada waktu pagi harinya, kecuali ada dua malaikat yang turun. Maka salah satu di antara mereka berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfak.” Dan malaikat yang lainnya berdoa, “Ya Allah berikanlah kerugian kepada orang-orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2 Jenis Doa Pagi Malaikat

1. Doa pagi malaikat untuk orang yang berinfak

Doa pagi malaikat yang pertama ditujukan untuk orang-orang yang berinfak. Malaikat berdoa kepada Allah agar mereka diberikan ganti.

Dalam hadis lainnya Rasulullah mensabdakan bahwa infaq atau sedekah tidak akan mengurangi harta.

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ


“Tidaklah sedekah mengurangi harta” (HR. Muslim)

Karenanya kita tidak akan mendapati dalam sejarah, orang jatuh miskin karena sedekah. Tidak ada orang yang bangkrut dan melarat gara-gara sedekah dan zakat. Justru yang terjadi, orang yang suka bersedekah, insya Allah hartanya semakin bertambah.

Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu pernah menginfakkan separuh hartanya. Namun tidak ada ceritanya ia jatuh miskin setelah itu. Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu pernah menginfakkan seluruh hartanya. Namun tidak ada ceritanya ia menjadi fakir setelah itu. Bahkan harta keduanya semakin banyak dan berkah.

Hadis doa pagi malaikat ini juga menunjukkan keutamaan berinfak setiap hari. Sekecil apa pun. Dan doa ini tidak akan ditolak oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebab malaikat selalu taat kepadaNya dan tidak pernah bermaksiat.

2. Doa malaikat untuk orang yang tidak mau berinfak

Doa pagi malaikat yang kedua ditujukan untuk orang-orang yang menahan hartanya, tidak mau berinfak. Malaikat berdoa kepada Allah agar mereka diberikan kerugian.

Kita patut berhati-hati dengan doa ini. Sebab doa ini juga tidak akan ditolak Allah Subhanahu wa Ta’ala. Orang yang menahan hartanya, tidak mau berinfak, umumnya didasari sifat bakhil, rakus dan tamak. Cinta dunia membuat ia tidak mau hartanya berkurang. Ia menganggap dengan menyimpan dan menahan hartanya, hartanya tidak akan berkurang.

Namun ia salah. Justru dengan kekikirannya, Allah menjatuhkan kerugian kepadanya. Hartanya memang tidak berkurang dengan keluarnya zakat dan infaq. Namun harta itu bisa berkurang dengan musibah dan bencana. Mungkin hartanya berkurang karena pencurian dan penipuan. Mungkin hartanya berkurang dengan jatuh sakit atau anaknya masuk rumah sakit. Dan lain sebagainya.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2020 seconds (0.1#10.140)