10 Film Ini Hanya Berlokasi di Satu Tempat, Seru dan Tegang!

Minggu, 25 Juni 2023 - 20:24 WIB
loading...
10 Film Ini Hanya Berlokasi di Satu Tempat, Seru dan Tegang!
Film dengan latar satu lokasi sepertinya membosankan, tapi tidak. Film dengan kondisi ini malah memberikan tontonan seru dan menegangkan serta tanpa tandingan. (Foto: Alternate Ending)
A A A
Umumnya, sebuah film menghadirkan sejumlah latar yang menjadi tempat ceritanya berlangsung. Pemilihan lokasi atau tempat ini menjadi elemen penting guna membangun suasana dalam film nantinya. Meski demikian, ternyata tidak semua film melibatkan banyak tempat di dalam ceritanya.

Film berlatar di banyak tempat tentu sudah biasa. Namun, lain ceritanya dengan film yang hanya menggunakan satu latar tempat saja. Meski hanya menyajikan satu latar tempat saja, aspek ini bisa menjadi sumber cerita kreatif dengan penyajian yang menarik.

Terbukti, beberapa film telah membuktikan sendiri kalau membatasi latar cerita pada satu tempat dapat menghasilkan kesuksesan yang luar biasa. Sejumlah film ini bahkan mampu memberikan ketegangan kepada penontonnya. Akting pemainnya pun turut diuji di sini. Apa saja film berlatar satu lokasi yang seru dan asyik ditonton? Simak rekomendasinya berikut!



10. Locke

10 Film Ini Hanya Berlokasi di Satu Tempat, Seru dan Tegang!

Foto: Financial Times

Sutradara: Steven Knight
Pemeran: Tom Hardy
Tahun Rilis: 2013
Tayang: KlikFilm

Film ini mengikuti kisah Ivan Locke (Tom Hardy), seorang mandor konstruksi. Suatu malam, Ivan meninggalkan lokasi pembangunan untuk menghadiri persalinan seorang wanita yang hamil dengannya akibat one night stand. Sepanjang jalan, serangkaian panggilan telepon dari berbagai orang dalam hidupnya memaksa Ivan untuk merenungkan kembali pilihan dan masa lalunya.

Meskipun secara teknis film ini melewati beberapa lokasi, latar yang diambil tidak pernah meninggalkan mobil yang dikendarai Ivan sendiri. Di dalam mobil, perasaan cemas dan penyesalan Ivan sangat terasa, sehingga membuat penonton bisa ikut terbawa suasana. Tidak hanya satu lokasi, film ini juga hanya dibintangi satu orang.

9. All is Lost

10 Film Ini Hanya Berlokasi di Satu Tempat, Seru dan Tegang!

Foto: Vanity Fair

Sutradara: J.C. Chandor
Pemeran: Robert Redford
Tahun Rilis: 2013
Tayang: -

Tak hanya menampilkan satu pemeran, film juga berlatar di satu tempat saja, yakni lautan luas yang ganas. Jalan ceritanya berfokus pada pelaut yang berlayar seorang diri di Samudra Hindia. Suatu pagi setelah bangun tidur, dia menyadari kapalnya rusak karena tertabrak kontainer di lautan.

Kondisi tersebut membuat kapalnya berlubang dan kemasukan air. Lubangnya memang bisa diatasi, tapi, kerusakan telah menjalar ke sistem elektronik dan komunikasi di kapalnya. Karena kerusakan ini, dia tidak bisa mengetahui dengan pasti posisinya di lautan.

Keadaan semakin memburuk ketika badai datang menerjang. Terlebih, stok makanan di kapalnya juga mulai menipis. Dengan segala keterbatasan, dia terus berusaha bertahan hidup.

8. Tape

10 Film Ini Hanya Berlokasi di Satu Tempat, Seru dan Tegang!

Foto: Taylor Holmes Inc.

Sutradara: Richard Linklater
Pemeran: Ethan Hawke, Robert Sean Leonard, Uma Thurman
Tahun Rilis: 2001
Tayang: -

Tape sebenarnya memiliki cerita yang sederhana. Hanya, kisahnya ditampilkan dengan cara yang sangat menarik. Ini termasuk penggunaan satu latar tempat saja, yakni sebuah kamar motel.

Film ini mengikuti tiga karakter yang dikisahkan telah menjalin persahabatan sejak duduk di bangku SMA. Suatu hari, ketiganya dipertemukan kembali dan saling berbicara di sebuah kamar motel. Di satu ruang tersebut, mereka pun membedah kembali memori dan kenangan menyakitkan di masa lalu yang pernah dilaluinya masing-masing.

7. Panic Room

10 Film Ini Hanya Berlokasi di Satu Tempat, Seru dan Tegang!

Foto: The Metaplex

Sutradara: David Fincher
Pemeran: Jodie Foster, Kristen Stewart, Forest Whitaker
Tahun Rilis: 2002
Tayang: Netflix

Panic Room mengikuti kisah ibu dan anak perempuannya yang terjebak di sebuah ruangan rahasia. Katanya, ruangan itu dulunya dibangun untuk melindungi pemilik rumah jika sewaktu-waktu diserang perampok. Melihat fungsi sebagai tempat perlindungan, ruangan ini dibangun dengan kokoh agar sulit ditembus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2415 seconds (0.1#10.140)