Menpora Dito Sebut FORNAS VII 2023 Jalan Menuju Sukses Indonesia Bugar 2045

Sabtu, 01 Juli 2023 - 18:45 WIB
loading...
Menpora Dito Sebut FORNAS VII 2023 Jalan Menuju Sukses Indonesia Bugar 2045
Menpora Dito Sebut FORNAS VII 2023 Jalan Menuju Sukses Indonesia Bugar 2045
A A A
JAKARTA - Provinsi Jawa Barat menjadi tuan rumah Festival Olahraga Masyarakat (FORNAS) VII 2023, 2-9 Juli 2023. Bertempat di kota Bandung, FORNAS tahun ini mengangkat tema Merajut Potensi Olahraga Masyarakat Menuju Sukses Indonesia Bugar 2045.

FORNAS edisi ke VII ini akan diikuti oleh 20 ribu penggiat olahraga, dari 38 Provinsi di seluruh Indonesia, dengan pesertanya melibatkan masyarakat dari seluruh lapisan dan usia, termasuk anak-anak, pelajar, mahasiswa, dewasa, kaum professional.

Baca Juga: Peluncuran 100 Hari Menuju Fornas VI Sumsel

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mengapresiasi partisipasi masyarakat yang terus tergerak untuk melakukan olahraga dalam menjaga kebugarannya, lantaran memiliki multiple efek yang dapat mengisi sendi-sendi kehidupan.

Selain dengan kebugaran yang tumbuh tersebut, Menpora Dito juga menyebut akan menguatkan etos kerja serta produktivitas, sekaligus akan mendorong lahirnya olahraga prestasi, serta meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat.

"Olahraga rekreasi ini memiliki peran positif untuk meningkatkan kemauan dan keinginan masyarakat untuk bergerak. Jika dimulai dari lingkungan terkecil, mereka gemar berolahraga, maka kesadaran masyarakat untuk berolahraga semakin tinggi," ucap Menpora Dito, Sabtu (1/7/2023).

"Selain meningkatkan indeks kebugaran masyarakat Indonesia, anak-anak muda yang gemar berolahraga pun nantinya bisa mendorong diri mereka menjadi calon-calon atlet masa depan Indonesia. Yang terpenting, ini menjadi bagian dari kampanye Kemenpora yang tak hanya olahrasa dan olahkarya, tetapi juga olahraga," tambah Dito.

Pertandingan FORNAS ke-VIII ini dihelat di 37 venue pertandingan yang tersebar di empat wilayah di Kabupaten Bandung, yakni Kecamatan Kutawaringin, Kecamatan Soreang, Kecamatan Rancabali dan Kecamatan Margahayu.

Kemudian pertandingan eksibisi berbagai jenis olahraga masyarakat 85 Induk Organisasi Olahraga Masyarakat (INORGA) anggota KORMI pun akan digelar, antara lain senam kebugaran, yoga, tai chi, olahraga pernapasan, barongsai, berbagai olahraga tradisional, sepeda BMX maupun sepeda tua (onthel), push bike bagi anak-anak usia 5-7 tahun, skate board, dan street soccer.

Lantas digelar pula pertandingan eSports, Airsoftgun, panahan tradisional, layang-layang, lari trail dan orienteering, off-road, pencak silat, karate, taekwondo, binaraga, panco, ketapel, dance sport, dan berbagai olahraga masyarakat lainnya dari 3 cluster komisi olahraga KORMI, yaitu Olahraga Kesehatan dan Kebugaran (OKK), Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB), dan Olahraga Petualangan dan Tantangan (OPT).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)