Franco Morbidelli Tak Menyesal Promosi ke Tim Pabrikan Yamaha

Senin, 10 Juli 2023 - 23:00 WIB
loading...
Franco Morbidelli Tak Menyesal Promosi ke Tim Pabrikan Yamaha
Franco Morbidelli Tak Menyesal Promosi ke Tim Pabrikan Yamaha
A A A
ROMA - Pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli , mengungkapkan bahwa promosinya ke tim pabrikan Yamaha pada akhir musim 2021 tidak pernah menjadi kesalahan baginya, meskipun itu bukan pilihan awalnya. Bahkan, ia merasa bersyukur telah diberi kesempatan untuk mengendarai motor terbaik di MotoGP saat itu.

Yamaha memutuskan untuk menggantikan Maverick Vinales pada akhir musim 2021 karena masalah internal yang terjadi di antara mereka. Keputusan tersebut membawa Morbidelli dari tim satelit Yamaha Petronas SRT ke tim pabrikan Jepang tersebut.

Meski awalnya mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan motor pabrikan M1, kehadiran Morbidelli turut membantu rekan setimnya, Fabio Quartararo , meraih gelar juara dunia MotoGP 2021.

Namun, sampai pertengahan MotoGP 2023, Morbidelli, yang akrab dipanggil Franky, belum mampu menampilkan performa terbaiknya seperti saat ia menjadi runner-up MotoGP pada tahun 2020. Hasil terbaiknya saat ini adalah finis keempat di GP Argentina 2023. Ia menutup paruh pertama musim ini di posisi ke-11 dengan raihan 57 poin.



Keterpurukan yang sedang dialaminya telah menimbulkan spekulasi bahwa promosi Morbidelli ke tim pabrikan Iwata adalah sebuah kesalahan. Namun, juara Moto2 2017 tersebut dengan tegas membantah hal tersebut.

"Tidak, bukan kesalahan (promosi ke tim pabrikan Yamaha). Berada di sana adalah hal terbaik yang pernah terjadi dalam karir balap saya," kata Morbidelli, sebagaimana dilansir dari Speedweek, Jumat (9/7/2023).

Lebih lanjut, pembalap berusia 28 tahun tersebut menegaskan bahwa promosi tersebut sebenarnya merupakan kesempatan terbaik yang ia dapatkan di kelas utama, meskipun itu bukan keputusan sepenuhnya dari dirinya sendiri. Ia melihat penurunan performanya dan tim Yamaha saat ini sebagai tantangan yang harus dihadapi.

"Berada di tim pabrikan MotoGP, dengan paket terbaik, motor terbaik saat itu, dan bersama pembalap terbaik, itu adalah hal yang baik. Fabio telah menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan memaksimalkan potensi yang dimilikinya," jelas Morbidelli, yang lahir di Roma.

"Itu berarti saya juga memiliki potensi yang sama dengan tim dan paket yang saya miliki. Menjadi posisi saya pada tahun 2021 adalah yang terbaik yang bisa saya dapatkan," tambahnya.

"Sayangnya, saat ini segalanya tidak berjalan dengan baik. Tetapi tantangan adalah bagian dari bisnis ini," ungkapnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4399 seconds (0.1#10.140)