19 Mutiara Nasihat Abu Bakar Ash-Shiddiq Penuh Hikmah dan Inspiratif

Selasa, 11 Juli 2023 - 15:01 WIB
loading...
19 Mutiara Nasihat Abu Bakar Ash-Shiddiq Penuh Hikmah dan Inspiratif
Ilustrasi Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam film serial Omar bin Khattab. Beliau salah satu sahabat Nabi yang nasihatnya sarat dengan hikmah. Foto/tangkapan layar film Omar
A A A
Mutiara nasihat Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu 'anhu ini bisa kita jadikan motivasi dan pelajaran untuk diri sendiri. Nasihat khalifah pertama umat Islam ini sarat dengan hikmah dan sangat inspiratif.

Abu Bakar Ash-Shiddiq adalah sahabat paling utama dan paling dicintai Rasulullah SAW. Keimanan dan pengorbanan beliau untuk Allah dan Rasul-Nya tidak diragukan lagi. Beliau termasuk satu dari 10 sahabat Nabi yang dijamin masuk surga.

Berikut 19 mutiara nasihat Sayyidina Abu Bakar Ash-Shiddiq dipaparkan oleh Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq, pengasuh Ma'had Subulana Bontang dalam satu kajiannya:

1. Hakikat Pemimpin

‌أيها ‌الناس ‌فإني ‌قد ‌وليت ‌عليكم ‌ولست ‌بخيركم فإن أحسنت فأعينوني وإن أسأت فقوموني

"Wahai manusia, aku telah diangkat sebagai pemimpin kalian padahal aku bukan orang terbaik di antara kalian. Maka jika aku berbuat baik, bantulah aku. Tapi jika aku berbuat keburukan, luruskan aku."

2. Saling Menguatkan

إن أقواكم عندي الضعيف حتى آخذ له بحقه، وإن أضعفكم عندي القوي حتى آخذ منه الحق

"Orang kuat di antara kalian menjadi lemah di hadapanku agar aku ambil hak darinya, dan orang yang lemah di antara kalian menjadi kuat di hadapanku agar aku dapat penuhi haknya."

3. Jangan Tinggalkan Jihad

لا يدع قوم الجهاد في سبيل الله إلا ضربهم الله بالذل

"Tidaklah suatu kaum meninggalkan jihad di jalan Allah kecuali Allah akan menimpakan kehinaan kepada mereka."

4. Selalu Meminta Petunjuk Allah

‌اللهم ‌أرني ‌الحق ‌حقا ‌وارزقنى ‌اتباعه وأرني الباطل باطلا وارزقنى اجتنابه

"Ya Allah, nampakkan kepadaku kebenaran itu adalah benar, dan berikan aku kemampuan untuk mengikutinya. Nampakkan kepadaku yang batil itu adalah batil, dan berikan aku kemampuan untuk menjauhinya."

5. Bersegera dalam Kebaikan

إذا فاتك خير فأدركه وإن أدركك فاسبقه

"Jika engkau kehilangan sebuah amal kebaikan, maka carilah. Kika engkau telah menemukannya, maka bersegeralah (dalam mengerjakannya)."

6. Orang yang Paling Cerdas

أكيس الكيْس التقوى، وأحمق الحَمَق الفجور
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)