10 Negara Paling Unik di Dunia, Didominasi dari Asia

Sabtu, 15 Juli 2023 - 19:25 WIB
loading...
10 Negara Paling Unik di Dunia, Didominasi dari Asia
Korea Utara merupakan negara paling unik di dunia. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Setiap negara memiliki keunikan yang membedakan antara satu negara dengan negara lain. Namun, ada beberapa negara yang unggul dengan keunikannya.

Itu dijabarkan dalam Indeks Kesamaan Negara. Indeks mencoba untuk mengukur seberapa mirip negara satu sama lain relatif terhadap negara lain, menggunakan berbagai pengukuran.

Melansir travel.earth, lima aspek utama dari negara yang dibandingkan adalah demografi, budaya, politik, infrastruktur, dan geografi mereka. Analisis data memberikan beberapa saran tentang negara mana yang mungkin paling unik di dunia.

Yang cukup menarik, sembilan dari sepuluh teratas ada di Asia. Ini adalah benua yang paling beragam.

Berikut adalah daftar 10 negara paling unik.

1. Korea Utara

10 Negara Paling Unik di Dunia, Didominasi dari Asia

Foto/Reuters

Menurut data dari Indeks Kesamaan Negara, Korea Utara adalah negara paling unik di dunia. Tidak ada negara yang sangat mirip dengannya. Meskipun Korea Selatan mirip dengan Korea Utara dalam hal geografi dan budaya, pemerintahan dan infrastrukturnya sangat berbeda darinya.

Pemerintah Korea Utara sangat unik. Negara ini adalah negara satu partai yang telah diperintah oleh satu keluarga selama lebih dari 50 tahun. Sensor medianya adalah yang paling ekstrem di dunia.

Media dimiliki oleh pemerintah dan akses ke internet hampir tidak ada. Diduga juga memiliki salah satu tingkat penahanan tertinggi di dunia.

Tidak seperti sebagian besar negara, itu bukan bagian dari Organisasi Perdagangan Dunia. Wajib militer ada di sana, bahkan persentase orang militer tertinggi di dunia.

Budaya Korea Utara juga sangat berbeda dari kebanyakan negara. Bahasa Korea tidak terkait dengan bahasa utama lainnya. Itu juga menggunakan sistem penulisan yang unik, Hangul, yang dikembangkan khusus untuknya pada abad ke-15, untuk menggantikan karakter China.

Tidak seperti kebanyakan negara, orang Korea Utara cenderung tidak terlalu religius, karena pemerintah mereka mempraktikkan ateisme yang direstui negara. Akibatnya, tidak ada hari libur keagamaan resmi. Cheondoisme, agama yang relatif baru asli Korea, adalah salah satu agama paling populer di negara itu. Ini memiliki unsur-unsur perdukunan tradisional Korea, Taoisme, dan Buddhisme.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)