Indra Sjafri Ungkap Kriteria Pemain Timnas U-17 yang Diburu PSSI

Minggu, 16 Juli 2023 - 13:12 WIB
loading...
Indra Sjafri Ungkap Kriteria Pemain Timnas U-17 yang Diburu PSSI
Indra Sjafri membeberkan kriteria pemain yang dicari dalam seleksi penggawa tim nasional Indonesia U-17. / Foto: Instagram @indrasjafri_coach
A A A
GIANYAR - Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri membeberkan kriteria pemain yang dicari dalam seleksi penggawa tim nasional Indonesia U-17 yang diproyeksikan untuk Piala Dunia U-17 .

Kali ini, seleksi pemain U-17 tersebut berlangsung di Bali selama dua hari, 15-16 Juli 2023. Sebelumnya, seleksi telah digelar di Bandung dan Palemnbang.

Pada hari pertama, kemarin (15/7/2023), Indra Sjafri terkejut, lantaran antusiasme calon penggawa timnas U-17 sangat tinggi. Sedikitnya terdapat 283 peserta, dan tidak sedikit yang berasal dari luar Bali.



Seleksi pemain ini sendiri dilakukan di Lapangan Pemusatan Latihan Bali United, Pantai Purnama, Gianyar, Bali.

"Mereka ini adalah pemain-pemain asli dari Bali, tapi bukan hanya itu, tadi saya terkejut melihat ada yang dari Jember, Jawa Timur, dan lain sebagainya. Kita menghargai semua pemain yang hadir, apapun itu kualitasnya, memang kita mencari pemain untuk timnas yang sudah siap," jelas Indra Sjafri , seperti dilansir laman resmi PSSI, Minggu (16/7/2023).

Indra Sjafri juga mengungkapkan bahwa setidaknya ada dua hal yang dicari pada seleksi pemain ini. Fokus utamanya yakni mencari pemain yang benar-benar siap untuk bermain, skill saja tidak cukup.

"Pertama, mencari pemain-pemain yang benar-benar bisa dipakai untuk tim nasional. Kedua, pemain-pemain yang masih harus dibina dan kami rekomendasikan nanti ke klub, yang bisa, ambil, silakan dibina di klub," terangnya.

"Kami melihat di sini hanya visual, belum ada tes fisik, belum ada psikotes, ataupun test IQ. Tapi kita lebih melihat bagaimana individual taktikal, group taktikal, team taktikal, kapan dia harus dribbling, passing,” lanjutnya.

“Bagaimana dia bermain dalam grup (kiper dengan empat pemain belakang), bagaimana dia melakukan kerjasama, bagaimana dia bermain tim taktikal --bagaimana menyerang, bertahan, transisi positif negatif-," papar Indra Sjafri.

Dari sini, kata dia, nanti dipanggil untuk seleksi lanjutan di TC tim U-17 Bima Sakti. "Kita melihat yang terbaik disini," tegasnya.



Sementara itu, setelah dari Bali, seleksi pemain akan berlanjut di Tangerang, Samarinda, DKI Jakarta, Surakarta, Banjarmasin, Medan, Surabaya, Manado, dan Makassar.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)