Gejala Diabetes dan Kolesterol Tinggi di Jempol Kaki yang Tak Disadari

Senin, 17 Juli 2023 - 10:13 WIB
loading...
Gejala Diabetes dan Kolesterol Tinggi di Jempol Kaki yang Tak Disadari
Gejala diabetes dan kolesterol tinggi di jempol kaki sering tak disadari. Kaki terdiri dari 26 tulang, 30 persendian, dan 100 otot, rumah bagi pembuluh darah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gejala diabetes dan kolesterol tinggi di jempol kaki sering tak disadari. Setiap kaki terdiri dari 26 tulang, 30 persendian, dan lebih dari 100 otot, tapi juga rumah bagi pembuluh darah.

Saluran yang dilalui darah untuk didistribusikan ke jaringan tubuh dapat mengingatkan Anda akan masalah kesehatan. Mulai dari diabetes hingga penyakit kardiovaskular seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah.

“Kami menyeret kaki kami melalui ribuan langkah setiap hari, tetapi kemudian banyak dari kami mengabaikannya dan mereka dapat memberi tahu Anda banyak tentang kesehatan Anda,” kata Dr Amir dilansir dari Express, Senin (17/7/2023).

“Saya ingin semua orang melihat kaki mereka hari ini. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jari-jari kaki Anda,” sambungnya.



Jari kaki yang dingin, dijelaskan Dr Amir bisa menjadi gejala masalah peredaran darah yang mengarah ke masalah kesehatan yang lebih besar. Sama seperti bagian tubuh lainnya, jari kaki membutuhkan makanan dan oksigen untuk membuka pembuluh darah yang baik.

“Dan pembuluh darah ke jari kaki sangat kecil sehingga tidak perlu banyak menyebabkan kerusakan atau menyumbatnya dengan lemak dan itu benar-benar dapat menyebabkan jari kaki dingin,” jelas Dr Amir.

Untungnya, ada tes sederhana yang bisa Anda lakukan di mana saja untuk memeriksa apakah jari kaki Anda dingin. Dr Amir menyarankan untuk menekan jari kaki selama lima detik dan kemudian melepaskannya.

“Warna di jari-jari kaki Anda akan kembali dalam dua detik, itu pertanda sirkulasi yang baik,” ujar Dr Amir.



“Orang yang berisiko tinggi untuk masalah sirkulasi ini adalah mereka yang menderita diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, dan kolesterol tinggi,” sambungnya.

Selain itu, melihat adanya perubahan warna pada kuku kaki juga bisa menandakan masalah kesehatan, mulai dari infeksi jamur hingga kanker kulit. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa pada kaki atau kuku kaki Anda, Dr Amir menyarankan untuk memeriksakannya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2965 seconds (0.1#10.140)