Peduli Lingkungan, Nelayan Ganjar Ajak Masyarakat Jaga Ekosistem Laut

Selasa, 18 Juli 2023 - 16:30 WIB
loading...
Peduli Lingkungan, Nelayan Ganjar Ajak Masyarakat Jaga Ekosistem Laut
Relawan KNP Jabar dukung Ganjar mengampanyekan pentingnya merawat kelestarian ekosistem laut di Pantai Pasir Putih, Desa Sukajaya, Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang, Selasa (18/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
KARAWANG - Relawan Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Jabar dukung Ganjar mengampanyekan pentingnya merawat kelestarian ekosistem laut di Karawang. Baik dari sisi sumber daya alam (SDA) ataupun pariwisata.

Simpatisan Ganjar Pranowo itu menggelar edukasi menjaga lingkungan laut bersama para nelayan dan kelompok masyarakat setempat. Korwil KNP Jabar Asep Hidayat mengajak para nelayan dan masyarakat saling menguatkan sinergi demi pelestarian ekosistem laut dan pantai.

"Alasan dilakukan edukasi ekosistem laut karena banyaknya sampah-sampah dari wisatawan yang memang berserakan, dan di Kabupaten Karawang sendiri banyaknya laut seperti di Ciparage, di Pakis dan banyak wisatawan juga. Jadi, alangkah baiknya kita menjaga agar lingkungan ini bersih," katanya di Pantai Pasir Putih, Desa Sukajaya, Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang, Selasa (18/7/2023)

Dikutip dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP), dua pertiga wilayah Indonesia terdiri atas lautan. Dengan luas laut 5,8 juta kilometer persegi dan 2,01 juta kilometer persegi berupa daratan.

Salah satu cara membuat laut tetap lestari adalah dengan mengatasi segala pencemaran laut seperti sampah. KNP Jabar bersama masyarakat pun bergerak membersihkan sampah di area Pantai Pasir Putih.

Dalam kegiatan itu, relawan juga menyerahkan bantuan berupa tempat sampah dan keranjang ikan. "Menjaga ekosistem laut itu sangat penting sekali. Karena ekosistem laut salah satu kebutuhan pokok juga untuk masyarakat dan juga laut pun juga bisa digunakan untuk pariwisata," jelasnya.

Suhaeri (50), salah satu peserta dari Kelompok Masyarakat Pengawasan (Pokmaswas) Minajaladri merasa kehadiran KNP Jabar membawa dampak positif bagi warga dan kawasan setempat. Menurut dia, butuh tanggung jawab dan kesadaran bersama mulai dari masyarakat, nelayan, hingga wisatawan untuk menjaga kelestarian laut.

"Saya mengucapkan terima kasih dengan adanya kegiatan ini tentunya masyarakat pesisir dapat inovasi dan selalu bersyukur. Menurut saya menjaga lingkungan (laut) penting dilakukan agar di pesisir ini maksimal lah bisa terselamatkan terjadi nya abrasi," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8982 seconds (0.1#10.140)