Partai Sayap Kanan Diprediksi Menang pada Pemilu Spanyol

Minggu, 23 Juli 2023 - 16:25 WIB
loading...
Partai Sayap Kanan Diprediksi Menang pada Pemilu Spanyol
Partai politik berhaluan sayap kanan diprediksi menang pada pemilu Spanyol. Foto/Reuters
A A A
BARCELONA - Pemilu parlemen Spanyol diprediksi akan dimenangkan oleh partai berhaluan sayap kanan. Itu memperkuat bahwa pemerintahan sayap kiri akan segera tumbang.

Pemilu yang digelar pada Minggu (23/7/2023) bisa menjadikan negara itu anggota Uni Eropa terbaru yang berayun ke populis kanan. Sebuah pergeseran yang akan mewakili pergolakan besar setelah lima tahun di bawah pemerintahan sayap kiri.

Jajak pendapat terakhir menunjukkan Partai Populer (PP) sayap kanan memenangkan kursi terbanyak tetapi tanpa mengamankan mayoritas parlemen yang berfungsi. Itu bisa memaksa PP untuk membentuk pemerintahan koalisi dengan partai Vox ekstrem kanan, yang akan menjadi pertama kalinya partai sayap kanan memegang kekuasaan di Spanyol sejak berakhirnya kediktatoran Jenderal Francisco Franco pada 1975.

Sonia Gallego dari Al Jazeera melaporkan dari Madrid mengatakan, “Vox adalah pendatang baru di kancah politik Spanyol; namun demikian, mereka membuktikan diri sebagai pengganggu sistem dua partai tradisional itu dan bahkan telah melakukan kesepakatan dengan PP di pemerintah daerah juga dan dewan.

“Retorika Vox seputar imigrasi dan separatisme regional akan membuatnya bertabrakan dengan gerakan separatis tersebut, tidak hanya di negara Basque tetapi juga Catalonia,” kata Gallego.

Tetapi kampanye PP telah tersandung pada putaran terakhir dengan pemimpinnya Alberto Nunez Feijoo menghadapi pertanyaan baru tentang hubungannya dengan pengedar narkoba terkenal Marcial Dorado pada 1990-an ketika dia menjadi pejabat senior di pemerintah daerah Galicia.

Sementara itu, PP dan Vox menggambarkan pemungutan suara sebagai kesempatan untuk mengakhiri “Sanchismo” – sebuah istilah yang digunakan PP untuk menyimpulkan apa yang dianggapnya sebagai cara diktator Perdana Menteri Sosialis Pedro Sánchez.



Di sudut lain adalah kaum Sosialis dan gerakan baru bernama Sumar yang telah menyatukan 15 partai kecil sayap kiri untuk pertama kalinya. Mereka memperingatkan bahwa menempatkan hak dalam kekuasaan akan mengancam perubahan Spanyol pasca-Franco.

Sánchez telah membuat pakta dalam pertukaran untuk suara di parlemen dengan partai-partai seperti EH Bildu, yang terkait dengan mantan kelompok separatis Basque ETA, dan ERC, yang memimpin tawaran pemisahan Catalonia 2017 dari Spanyol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)