10 Perang Terpanjang dalam Sejarah Manusia

Senin, 24 Juli 2023 - 08:23 WIB
loading...
10 Perang Terpanjang dalam Sejarah Manusia
Perang Salib menjadi salah satu konflik paling lama di dunia. Foto/World Atlas
A A A
JAKARTA - Konflik dan perang telah menjadi fakta kehidupan yang brutal dalam sejarah manusia. Selama berabad-abad, dunia telah melihat pertempuran antara negara-negara yang telah mengubah arah sejarah dan konflik berlarut-larut yang bertahan lama setelah para pejuang mereka meninggal.

Melansir worldatlas, perang terpanjang dapat berkisar dari perjuangan selama berabad-abad antara negara adidaya dunia hingga konflik selama ribuan tahun antara budaya dan agama. Perang yang panjang dan tak tergoyahkan ini berdampak luas pada politik dan budaya global, dengan kedua belah pihak mengalami perselisihan dari generasi ke generasi.

Dalam semua kasus, hasil dari perang ini sangat mendalam dan membutuhkan waktu berabad-abad untuk memperbaikinya. Memahami dampak dari konflik yang rumit ini sangat penting untuk memahami era kita saat ini, era yang jauh lebih dinamis dan tidak dapat diprediksi dibandingkan pendahulunya. Mudah-mudahan, jembatan perdamaian akan terus dibangun, memungkinkan manusia melewati sejarah kekerasan dan bekerja sama menuju masa depan yang lebih cerah untuk semua.

Berikut adalah 10 perang terpanjang di dunia.

1. Reconquista (781 Tahun)

10 Perang Terpanjang dalam Sejarah Manusia

Foto/World Atlas

Mencakup 781 tahun yang luar biasa, Reconquista adalah perang yang panjang dan sulit yang dilakukan oleh pasukan Spanyol dan Portugis melawan penguasa Muslim di Semenanjung Iberia. Konflik dimulai sekitar 711 M ketika tentara Islam-Berber melintasi Selat Gibraltar. Para penyerbu ini memasuki Spanyol dan Portugal, dan pada tahun 718 M, bangsa Moor menguasai sebagian besar Iberia. Kerajaan-kerajaan Kristen jatuh ke tangan Kekhalifahan Cordoba hingga khalifah bubar pada abad ke-11. Setelah itu, kerajaan-kerajaan Kristen perlahan bangkit dan mendominasi semenanjung.

Meskipun ada serangkaian kekalahan dan kemenangan di kedua sisi selama abad-abad ini, akhirnya, pada tahun 1492 M, Granada di Andalusia selatan saat ini akhirnya jatuh ke tangan Ferdinand II dan Isabella I. Kekalahan itu menandai akhir dari salah satu perang yang tercatat paling lama dan mengantarkan era baru Kekristenan Katolik untuk Iberia saat memasuki Renaisans.


2. Perang Romawi-Jerman (708 Tahun)

10 Perang Terpanjang dalam Sejarah Manusia

Foto/World Atlas

Perang Romawi-Jerman adalah serangkaian konflik yang berlangsung selama 708 tahun, dari 113 SM hingga 596 M. Bentrokan antara dua peradaban ini mengakibatkan perpindahan wilayah leluhur Kekaisaran Romawi dan Jermanik dari abad ke-2 SM hingga abad ke-10 M.

Meskipun ada banyak pertempuran dan aliansi selama berabad-abad ini, peristiwa penting adalah kekalahan Romulus Augustus pada tahun 476 dari Odoacer, yang menandai akhir resmi Kekaisaran Romawi Barat. Selama 120 tahun berikutnya, penguasa Frank dan Visigoth terus membedah Kekaisaran Romawi sambil terlibat dengan jenderal Bizantium dari Roma Timur.

Perang Bizantium-Lombard tumpang tindih dengan Perang Romawi-Jerman, dan pada saat inilah Roma Barat tidak ada lagi, sehingga mengakhiri konflik 708 tahun. Kesimpulannya, Perang Romawi-Jermanik berlangsung dalam waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya dan berdampak pada wilayah Eropa.

3. Perang Anglo-Prancis (706 Tahun)

10 Perang Terpanjang dalam Sejarah Manusia

Foto/World Atlas

Perang Inggris-Prancis adalah serangkaian konflik yang berlangsung selama 706 tahun, dimulai dari tahun 1109 M hingga kekalahan kedua Napoleon pada tahun 1815. Pada saat itu, Kekaisaran Napoleon menyerah pada kekuatan gabungan Eropa. Perang Inggris-Prancis sebagian besar terjadi untuk memperebutkan kendali atas tanah Prancis dan termasuk pertempuran terkemuka seperti Agincourt, Crecy, dan Waterloo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)