4 Alasan Pemilu Kamboja Disebut sebagai Penobatan daripada Pesta Demokrasi

Senin, 24 Juli 2023 - 09:29 WIB
loading...
4 Alasan Pemilu Kamboja Disebut sebagai Penobatan daripada Pesta Demokrasi
Hun Manet, putra PM Kamboja Hun Sen, menjadi kandidat kuat pemimpin negara tersebut. Foto/Reuters
A A A
PHNOM PENH - Pemilu Kamboja sudah bisa diprediksi. Partai berkuasa dipastikan menang. Hingga banyak kalangan menyebut pemilu tersebut adalah suatu penobatan dibandingkan sebagai sebuah pesta demokrasi.

Pemilu kali ini adalah momen munculnya Hun Manet, putra sulung Perdana Menteri Hun Sen yang berusia 45 tahun. Hun Manet akan menjadi pengganti ayahnya dan memimpin Partai Rakyat Kamboja (CPP).

Berikut adalah 4 alasan pemilu Kamboja disebut sebagai penobatan daripada pesta demokrasi.

1. Tidak Ada Opisisi

4 Alasan Pemilu Kamboja Disebut sebagai Penobatan daripada Pesta Demokrasi

Foto/Reuters

Memang, ayah Hun Manet, Hun Sen, telah memastikan bahwa CPP adalah satu-satunya partai yang mungkin memenangkan pemilu.

Hun Sen, 70, telah menjalankan Kamboja dengan gaya garang khasnya selama 38 tahun: pertama di rezim komunis yang dipasang Vietnam, kemudian di bawah sistem multi-partai yang dipasang PBB, dan baru-baru ini sebagai otokrat yang semakin tidak toleran.

Satu-satunya partai yang sekarang mampu menantang kekuasaannya, Partai Cahaya Lilin, dilarang mengikuti pemilu karena masalah teknis pada bulan Mei. 17 partai yang tersisa diizinkan untuk bertarung karena terlalu kecil atau terlalu sedikit diketahui untuk menimbulkan ancaman.

Beberapa jam setelah jajak pendapat ditutup, CPP mengklaim tingkat partisipasi yang tinggi jumlah pemilih lebih dari 80%. Ada tingkat surat suara rusak yang cukup tinggi di beberapa tempat pemungutan suara: itu mungkin satu-satunya cara yang aman bagi pemilih untuk menunjukkan dukungan mereka kepada oposisi.


2. Sukses Politik Berbasis Kekeluargaan

4 Alasan Pemilu Kamboja Disebut sebagai Penobatan daripada Pesta Demokrasi

Foto/Reuters

Dengan Hun Manet diharapkan untuk menggantikan ayahnya dalam beberapa minggu setelah pemungutan suara, dalam transfer kekuasaan yang telah lama dipersiapkan, ini lebih terasa seperti penobatan daripada pemilihan.

"Saya kira kita bahkan tidak bisa menyebutnya sebagai pemilihan palsu," kata Mu Sochua, mantan menteri yang diasingkan dan anggota CNRP, partai oposisi lain yang dilarang oleh otoritas Kamboja pada 2017, dilansir BBC.

"Kita harus menyebutnya 'seleksi', untuk Hun Sen memastikan bahwa partainya akan memilih putranya sebagai perdana menteri Kamboja berikutnya, untuk melanjutkan dinasti keluarga Hun."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)