Jurusan Teknik Instrumentasi, Apa Itu? Ini Prospek Kerja dan Daftar Kampusnya

Senin, 24 Juli 2023 - 10:35 WIB
loading...
Jurusan Teknik Instrumentasi, Apa Itu? Ini Prospek Kerja dan Daftar Kampusnya
Jurusan Teknik Instrumentasi pada dasarnya mempelajari terkait dengan instrumentasi, ilmu teknologi dan informatika. Foto/laman ITS
A A A
JAKARTA - Ini informasi bagi kamu yang ingin kuliah di Jurusan Teknik Instrumentasi, prospek kerja dan daftar kampusnya. Jika kamu tertarik kuliah jurusan teknik instrumentasi, kamu wajib tahu apa yang nantinya dipelajari serta prospek kerjanya.

Jurusan Teknik Instrumentasi saat ini semakin diminati karena prospek kerja yang menjanjikan. Dan juga jurusan ini tersedia di di berbagai kampus di Indonesia. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan mengenai Jurusan Instrumentasi, prospek kerja dan daftar kampus yang memiliki jurusan Teknik Instrumentasi.

Apa Itu Jurusan Teknik Instrumentasi?

1.Jurusan Teknik Instrumentasi adalah jurusan kuliah yang mempelajari bidang aplikasi keselamatan, sistem kelistrikan industri, otomasi, pemrograman PLC, dan penyusunan desain dasar.

2.Pada dasarnya jurusan teknik instrumentasi mempelajari terkait dengan instrumentasi, ilmu teknologi dan informatika.

3.Para mahasiswa jurusan ini mempelajari ilmu yang berkaitan dengan bidang pengembangan peralatan yang biasa digunakan untuk keperluan industri.

4.Jurusan teknologi instrumentasi adalah program praktis yang membantu mahasiswa memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang instrumentasi khususnya mempelajari penghitungan, pengukuran, operasional , perancangan serta pemeliharaan sistem di berbagai industri.

5.Melalui jurusan ini dan pengalaman belajar, mahasiswa dapat memperoleh basis pengetahuan yang baik dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan karir mereka di bidang yang berkaitan dengan teknologi instrumentasi, kontrol proses, dan otomatisasi proses industri.


Ilmu yang Dipelajari di Jurusan Teknik Instrumentasi

• Menerapkan konsep kimia, fisika, dan listrik/elektronik untuk menganalisis dan mendiagnosis masalah dalam sistem pengukuran dan kontrol.

• Merancang solusi untuk instrumen yang rusak dan menyelesaikan masalah teknis menggunakan prosedur dan peralatan teknik yang sesuai.

• Merancang, memasang, dan mengkonfigurasi sistem instrumen baru mengikuti standar konstruksi industri dan menggunakan perangkat kontrol analog dan/atau digital.

• Memanfaatkan keterampilan manajemen yang efektif untuk melakukan investigasi dan evaluasi untuk memastikan kinerja sistem kontrol otomatis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2492 seconds (0.1#10.140)