Fokus Hadapi Topan, Taiwan Batalkan Sebagian Agenda Latihan Militer

Selasa, 25 Juli 2023 - 11:20 WIB
loading...
Fokus Hadapi Topan, Taiwan Batalkan Sebagian Agenda Latihan Militer
Taiwan fokus menghadapi topan sehingga membatalkan sebagian agenda latihan militer. Foto/Reuters
A A A
TAIPEI - Taiwan membatalkan sebagian latihan militer tahunannya pada hari Selasa (25/7/2023). Mereka meningkatkan persiapan menghadapi topan paling merusak yang melanda pulau itu dalam hampir empat tahun.

Topan biasa terjadi saat ini di dekat Taiwan tetapi pulau subtropis itu belum pernah dilanda topan secara langsung sejak 2019. Itu mendorong para pejabat untuk mendesak kewaspadaan.

Topan Doksuri, topan dengan kategori empat pada skala 1 sampai 5 oleh Risiko Badai Tropis, diperkirakan akan memasuki Selat Bashi yang memisahkan Taiwan dan Filipina ke arah barat-barat laut. Topan itu juga mendekati perairan lepas pantai selatan pulau itu sebelum mendarat di China selatan.



Kementerian Pertahanan Taiwan membatalkan bagian dari latihan Han Kuang dengan alasan masalah keamanan dan kebutuhan untuk membuat persiapan menghadapi badai yang akan datang.

Biro cuaca Taiwan telah mengeluarkan peringatan laut dan mengatakan akan mengeluarkan peringatan darat untuk wilayahnya selatannya pada Selasa malam. Mereka mendesak penduduk di sana untuk bersiap menghadapi hujan lebat dan angin kencang.

"Taiwan belum pernah melihat topan mendarat lebih dari 1.400 hari, dan itulah mengapa saya mendesak semua kementerian pemerintah agar mereka bersiap dan melakukan persiapan," kata Perdana Menteri Chen Chien-jen dalam sebuah posting di Facebook, dilansir Reuters. "Saya ingin mengingatkan warga untuk tidak meremehkan ancaman topan."



Tidak segera jelas bagaimana topan itu dapat berdampak lebih jauh pada latihan militer lima hari, yang akan berlangsung di seluruh pulau minggu ini. Fokus latihan tersebut mempertahankan bandara internasional utama pulau itu dan bagaimana menjaga jalur laut tetap terbuka jika terjadi blokade China.

Di kota pelabuhan selatan Kaohsiung, pihak berwenang bergegas mengumpulkan ratusan kontainer yang hanyut di laut setelah kapal kontainer berbendera Palau Angel tenggelam di lepas pantai barat daya Taiwan pekan lalu.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)