Parlemen China Tunjuk Wang Yi sebagai Menteri Luar Negeri

Selasa, 25 Juli 2023 - 20:15 WIB
loading...
Parlemen China Tunjuk Wang Yi sebagai Menteri Luar Negeri
Wang Yi ditunjuk sebagai menteri luar negeri China. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Komite Tetap parlemen Kongres Rakyat Nasional China mengumumkan pengunduran diri Menteri Luar Negeri (Menlu) Qin Gang dan menunjuk Wang Yi sebagai penggantinya.

Wang (69) adalah seorang diplomat karier, administrator, dan politisi dengan pengalaman puluhan tahun sebagai diplomat yang mewakili China di luar negeri sejak tahun 1980-an.

Sebelum promosi hari Selasa (25/7/2023), dia menjabat sebagai direktur kantor Komisi Urusan Luar Negeri Pusat Partai Komunis China, yang secara efektif menjadikannya diplomat top China.

Wang sebelumnya telah menjabat sebagai menteri luar negeri China selama hampir satu dekade, mengambil pekerjaan itu pada Maret 2013 dan memegangnya hingga 30 Desember 2022.

Setelah itu dia digantikan oleh Qin (57) yang memegang jabatan itu hanya selama 205 hari, masa jabatan terpendek dalam sejarah Republik Rakyat China.

Perombakan hari Selasa juga membuat Gubernur Bank Rakyat China Yi Gang (65) yang berpendidikan Amerika dicopot setelah masa jabatan lima tahun dan digantikan ekonom China dan pakar kebijakan moneter Pan Gongsheng (60) yang juga memiliki pengalaman penelitian sebelumnya di universitas Barat termasuk Cambridge dan Harvard.



Media banyak berspekulasi tentang keberadaan Qin selama hampir sebulan setelah dia tidak terlihat di depan umum selama berminggu-minggu setelah bertemu dengan diplomat Vietnam, Rusia, dan Sri Lanka pada akhir Juni.

Pejabat China mengutip alasan kesehatan untuk menjelaskan ketidakhadirannya, dan menekankan, "Aktivitas diplomatik negara berjalan seperti biasa."

Qin menjabat sebagai duta besar China untuk Amerika Serikat selama 17 bulan antara 2021 dan awal 2023, dan sebagai wakil menteri luar negeri antara 2018 dan 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)