Makin Dekat Deadline, Pemerintah Genjot Persiapan Asian Games 2018

Kamis, 08 Desember 2016 - 00:01 WIB
Makin Dekat Deadline, Pemerintah Genjot Persiapan Asian Games 2018
Makin Dekat Deadline, Pemerintah Genjot Persiapan Asian Games 2018
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Puan Maharani memastikan bahwa persiapan Asian Games 2018 sudah maksimal dan sesuai dengan agenda yang dijadwalkan. Hal itu juga terkait persiapan infrastruktur pendukung pelaksanaan Pesta Olahraga Musim Panas Asia 2018 tersebut.

"Perkembangan Asian Games semuanya seperti yang kita jadwalkan, seperti kemarin yang disampaikan oleh Pak Presiden bahwa berkaitan infrastruktur sarana dan prasarana, insya Allah akan selesai bulan Agustus tahun 2017," kata Puan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/12/).

Tidak hanya itu, fasilitas pendukung termasuk tempat pelaksanaan Asian Games dan tempat penginapan peserta juga sudah siap.

"Kemudian yang lain-lain on progress dalam artian semuanya insya Allah bisa berjalan sesuai dengan jadwal, yang penting itu bagaimana kemudian vanue itu selesai, juga wisma atlet, kemudian tempat menginap mereka, dan lain-lain sampai saat ini on schedule," jelasnya.

Oleh karenanya, pihaknya tidak khawatir mengenai persiapan Asian Games yang menurutnya akan sesuai target yang direncanakan.

Ketika ditanya tentang langkah pemerintah untuk meningkatkan prestasi dalam Asian Games 2018 nanti, Puan menyerahkan hal tersebut kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Ia mengakui bahwa saat ini pihaknya tengah mencari cabang olahraga yang akan menjadi prioritas, sehingga bisa meraih emas dalam Asian Games 2018.

"Penanggungjawab prestasi adalah kemenpora, dan sampai saat ini memang sedang dicari Cabor (cabang olahraga) apa yang kemudian akan menjadi target kita pada Asian Games yang akan datang sambil mengikuti bahwa tahun 2017 ini kan akan ada Sea Games, kemudian 2020 akan ada Olimpiade. Jadi memang atlet-atlet yang kita persiapkan itu memang bukan hanya untuk menuju Sea Games tp juga sampai Olimpiade," jelasnya.

Ada pun cabang-cabang olahraga yang menurutnya mendapatkan prioritas di antaranya seperti Angkat Besi dan Bulutangkis.

"Nah yang cabor yg lain memang akan disesuaikan seperti di Sea Games kita punya atlet dayung yang cukup andal, itu bisa juga. Namun kebutuhannya itu sesuai kan Sea Games, Asian Games sampai ke Olimpiade," ujarnya.

"Nah ini bagaimana penggodokannya, ya tentu saja dengan salah satu hal yg akan kita lakukan bagaimana kemudian mempergunakan rumah atlet yang ada di Cibubur untuk penggodokan yang akan datang, bagaimana caranya ini sedang dikaji oleh Menpora."
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6293 seconds (0.1#10.140)