4 Klub Liga Arab Saudi Milik Mohammed Bin Salman, Semuanya Bertabur Bintang!

Selasa, 01 Agustus 2023 - 15:39 WIB
loading...
4 Klub Liga Arab Saudi Milik Mohammed Bin Salman, Semuanya Bertabur Bintang!
Mohammed Bin Salman menguasai sederet klub Liga Arab, empat di antaranya bertabur bintang termasuk Al Nassr yang dibela Cristiano Ronaldo. Foto: The Sun
A A A
RIYADH - Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed Bin Salman , ternyata menguasai sebagian besar kontestan Liga Arab Saudi. Hal itu dibuktikan dengan dirinya telah membeli sederet klub di liga tersebut.

Dikutip dari Daily Mail, melalui Dana Investasi Publik (PIF), MBS telah mengakuisisi 75 persen saham di empat klub besar di Liga Arab Saudi , yaitu Al Ittihad, Al Hilal, Al Nassr dan Al Ahly. Meski diakuisisi MBS, keempat klub tersebut tetap memiliki dewan dan manajemen independen.

Selain itu, klub yang dimilikinya juga tidak berhubungan di antara kepemilikan klub dengan penyelenggaraan liga, sehingga diklaim tidak ada konflik kepentingan. Lantas, apa saja klub milik Mohammed bin Salman itu?

4 Klub Besar Liga Arab Saudi yang dimiliki Mohammed Bin Salman (H2)

1. Al Ittihad

4 Klub Liga Arab Saudi Milik Mohammed Bin Salman, Semuanya Bertabur Bintang!

Al Ittihad merupakan salah satu klub besar yang ada di Liga Arab Saudi. Klub yang satu ini telah dibeli oleh Mohammed Bin Salman lewat perusahaan konsorsiumnya, Public Investment Fund (PIF). Perusahaan tersebut diketahui memiliki kekayaan senilai 320 miliar poundsterling atau setara Rp6.188 triliun.

Al Ittihad adalah salah satu klub tertua dan tersukses di Arab Saudi, dengan sembilan gelar liga dan dua gelar Liga Champions Asia. Klub ini juga baru saja mendatangkan dua bintang Prancis, Karim Benzema dan N’Golo Kante, dengan gaji yang fantastis.

2. Al Hilal
4 Klub Liga Arab Saudi Milik Mohammed Bin Salman, Semuanya Bertabur Bintang!

Al Hilal juga termasuk klub yang dibeli oleh perusahaan konsorsium, Mohammed Bin Salman. Tidak hanya dibeli, klub tersebut hingga saat ini terus dikembangkan guna menguasai Liga Arab Saudi.

Perkembangan yang semakin melejit membuat Al Hilal menjadi klub sepak bola terbesar dan paling sukses di Arab Saudi dan Asia. Klub ini didirikan pada tahun 1957 dan bermarkas di Stadion Raja Fahd.

Hingga saat ini, Al Hilal telah meraih lebih dari 60 trofi, termasuk 18 gelar liga Arab Saudi, 13 trofi Piala Putra Mahkota Saudi dan sembilan gelar Piala Saudi. Klub ini juga pernah menawarkan Kylian Mbappe dengan dana Rp5,7 triliun dan gaji Rp200 miliar lebih per pekan.

3. Al Nassr

4 Klub Liga Arab Saudi Milik Mohammed Bin Salman, Semuanya Bertabur Bintang!

Al Nassr merupakan klub sepak bola profesional yang berbasis di Riyadh, Arab Saudi. Klub dari sang mega bintang, Cristiano Ronaldo ini didirikan pada tahun 1955 dan bermarkas di Misool Park.

Al Nassr adalah salah satu klub paling sukses di Arab Saudi. Dilansir dari laman transfermarket, klub ini telah meraih sembilan gelar liga premier, enam piala raja, dua piala putra mahkota, dua piala konfederasi dan piala super Saudi.

Sebagai klub yang kerap mendatangkan pemain Eropa, Al Nassr ternyata tidak dimiliki oleh satu orang saja. Namun, klub ini telah dimiliki oleh beberapa pemilik atau pengusaha di Arab Saudi, seperti Mohammed bin Fahd Al Saud.

4. Al Ahli
4 Klub Liga Arab Saudi Milik Mohammed Bin Salman, Semuanya Bertabur Bintang!

Al Ahli Arab Saudi merupakan klub sepak bola profesional yang berbasis di Jeddah, Arab Saudi. Klub ini berkompetisi di Liga Profesional Arab Saudi, liga tertinggi di sistem liga sepak bola Arab Saudi.

Al Ahli sendiri bermain di Stadion Kota Olahraga Raja Abdullah, yang juga dikenal sebagai Stadion Permata Bersinar. Stadion ini, yang dibagi dengan rival abadi kota mereka, Al Ittihad, adalah stadion terbesar kedua di Arab Saudi, dengan kapasitas sekitar 63.000 penonton.

Beberapa pemain terkenal yang pernah membela Al Ahli adalah Taisir Al-Jassim, Khalid Massad, Amin Dabo, Mohamed Abd Al-Jawad, Malek Mouath, Yasser Al-Mosailem, Omar Al Somah, Victor Simões, Nabil Maâloul, Imad Al Hosni, Mohamed Barakat, Roberto Firmino, dan Riyad Mahrez.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)