Fokus di Liga Champion dan Europa, Sepak Bola Belum Selesai

Rabu, 29 Juli 2020 - 11:47 WIB
loading...
Fokus di Liga Champion dan Europa, Sepak Bola Belum Selesai
Foto/dok
A A A
MADRID - Kompetisi elite Eropa sudah menyelesaikan pertarungan besar mereka melanjutkan pertandingan di tengah ancaman pandemi covid-19. Liga Primer, Seri A, Bundesliga, Primera Liga, sudah mendapatkan tim pemenang, setelah menggelar pertandingan marathon, tiga hari sekali.

Hanya Seri A yang masih menyisakan dua pertandingan lagi, itupun hanya untuk perebutan tiket Liga Europa dan penentu tiga tim degradasi. Lainnya, telah menuntaskan semuanya. Meski begitu, tak berarti sepak bola sudah selesai.

Tim kini berfokus melanjutkan pertarungan mereka di Liga Champions dan Liga Europa, yang rencananya digelar di tempat netral. Liga Champions digelar di Portugal, dengan mini turnamen dengan single match, sedangkan Liga Europa dilanjutkan di Jerman.

Di Liga Champions, masih menyisakan empat pertandingan leg kedua babak 16 besar. Sedangkan, empat pertandingan lain sudah mendapatkan pemenang di perempat final. Sisa leg kedua babak 16 besar adalah Real Madrid vs Manchester City dengan aggregate 1-2, Lyon vs Juventus (1-0), Napoli vs Barcelona (1-1), dan Chelsea vs Bayern Muenchen (0-3). (Baca: Lolos ke Liga Champions, Manchester United Diguyur Rp1,3 Triliun)

Empat tim lain yang bertarung di perempat final akan mempertemukan RB Leipzig vs Atletico Madrid, Atalanta vs Paris Saint Germain (PSG). Sesuai keputusan UEFA, pertandingan leg kedua akan digelar pada 7 dan 8 Agustus dimana tempat pertandingan bisa digelar sesuai jadwal atau tempat netral di the Estadio do Dragao, Porto dan Estadio D. Afonso Henriques, Guimaraes.

Meski, UEFA akhirnya memutuskan melanjutkan leg kedua 16 besar sesuai jadwal awal. Seperti leg kedua Madrid vs Man City. Jika mengacu jadwal, pertandingan akan digelar di kandang The Citizens, Stadion Etihad. Awalnya, pertandingan akan digelar di tempat netral, karena Inggris membuat aturan karantina 14 hari untuk orang asing yang mengunjungi negeri Ratu Elizabeth tersebut. (Baca juga: Mantan Menkeu Sebut, Ada Tiga Bisnis yang terancam Tutup)

Tapi, aturan itu sepertinya berubah. Duta Besar Inggris untuk Spanyol Hugh Elliot mengatakan, ada pengecualain untuk aturan karantina 14 hari. "Ada daftar pengecualian karantina dan olahragawan elite dalam daftar itu. Tapi, mereka tidak memiliki kebebasan penuh," kata Elliot di kutip Marca.

Artinya, Madrid akan tetap ke Manchester untuk menjalani leg kedua sesuai jadwal awal. “Gerakan mereka akan dibatasi sehingga pertandingan bisa digelar. Mereka akan berada di dalam “gelembung” untuk mengurangi risiko,” tambah Elliot.

Sedangkan PSG harus dihadapkan pada kabar kurang menyenangkan karena penyerang mereka Kylian Mbappe absen dari perempat final Liga Champions melawan Atalanta. Dia mengalami cedera pergelangan kakinya pada hari Senin sehingga harus absen tiga minggu ke depan. (Lihat videonya: Mengaku Bisa Gandakan Uang Triliunan, Seorang Dukun di Malang Diciduk Polisi)

Dia juga tidak bisa bermain melawan final Coupe de la Ligue terakhir melawan Lyon. Mbappe juga masih belum fit untuk semifinal jika PSG lolos. Pertandingan digelar di Lisbon akan dimainkan pada 12 Agustus, "Hasil pemindaian hari ini mengkonfirmasi keseleo pergelangan kaki dengan kerusakan pada ligamen eksternal," demikian bunyi pernyataan PSG. (Maruf)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)