Sejarah Hyundai, Perjalanan Kesuksesan dari Korea ke Seluruh Dunia

Kamis, 03 Agustus 2023 - 16:34 WIB
loading...
Sejarah Hyundai, Perjalanan Kesuksesan dari Korea ke Seluruh Dunia
Berawal dari Korea Selatan, produk Hyundai saat ini sudah mendunia. Foto: Hyundai
A A A
KOREA SELATAN - Hyundai adalah sebuah merek otomotif global yang telah menjadi salah satu pemain utama dalam industri otomotif di era modern ini.

Perusahaan ini berasal dari Korea selatan dan telah melewati perjalanan yang panjang dan penuh tantangan untuk menembus pasar otomotif global seperti saat ini.

Sejarah Hyundai

Sejarah Hyundai dimulai pada 1947, ketika pendirinya, Chung Ju-Yung, mendirikan perusahaan konstruksi kecil bernama Hyundai Engineering and Construction Co., Ltd.

Di tengah-tengah periode ketegangan dan perpecahan setelah Perang Dunia II, Korea Selatan sempat mengalami transformasi ekonomi yang luar biasa, dan Hyundai menjadi salah satu perusahaan yang berperan penting dalam pembangunan negara tersebut.

Namun, perjalanan Hyundai ke dunia otomotif baru dimulai pada 1967 dengan mendirikan perusahaan otomotif Hyundai Motor Company yang bermarkas di Yangjae-dong, Seocho-gu, Seoul.

Setahun berlalu, Hyundai kemudian membangun pabrik perakitan di Ulsan, hingga kini pabrik yang berlokasi di area tersebut menjadi fasilitas manufaktur mobil terintegrasi paling besar di dunia.

Hyundai memutuskan untuk bekerja sama dengan produsen mobil asal Amerika Serikat, Ford, untuk memproduksi mobil pertama Korea Selatan yakni,
Cortina. Seiring berjalannya waktu, hubungan kerjasama antar dua perusahaan mobil tersebut berakhir setelah beberapa tahun.

Kesuksesan Cortina sebagai mobil pertama yang diproduksi Hyundai atas kerja sama dengan Ford, Hyundai berinovasi untuk mengembangkan mobil sendiri dengan harapan bisa menyusul kesuksesan Cortina.

Hyundai Pony
Sejarah Hyundai, Perjalanan Kesuksesan dari Korea ke Seluruh Dunia

Perusahaan kemudian mendatangkan George Turnbull, mantan Managing Director Austin Morris di British Leyland pada 1974. Turnbull kemudian mempekerjakan enam pekerja asal Eropa lainnya untuk mewujudkan mimpi Hyundai membuat mobil sendiri.

Hingga akhirnya Hyundai meluncurkan mobil buatan mereka sendiri, yang diberi nama Pony dan ini menjadi langkah awal Hyundai untuk menjadi produsen mobil terkemuka di panggung otomotif dunia.

Tak mudah untuk Hyundai berkembang menjadi perusahaan global. Pada awalnya, mobil - mobil Hyundai dikenal dengan reputasi kurang menguntungkan karena kualitasnya yang kurang memuaskan.

Namun, dengan komitmen untuk meningkatkan kualitas dan inovasi yang berkelanjutan, Hyundai berhasil mengatasi masalah ini. Sejak 1980-an, Hyundai mulai mengekspor mobilnya ke pasar internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9251 seconds (0.1#10.140)