5 Fakta Menarik Kota Karbala yang Penting Diketahui

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 11:37 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Kota Karbala yang Penting Diketahui
Ada lima fakta menarik dari kota Karbala yang penting diketahui. Di kota inilah cucu Nabi Muhammad SAW, Imam Husain, dibunuh. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Kota Karbala, Irak, merupakan sebuah tempat yang penuh dengan sejarah dan nilai-nilai keagamaan. Karbala berlokasi di 100 km barat daya ibu kota Irak, Baghdad.

Sebagai kota penuh dengan sejarah, Karbala menjadi salah satu kota dengan momen luar biasa dan penting tidak hanya untuk wilayah tersebut tetapi juga bagi umat Muslim.



5 Fakta Menarik Kota Karbala yang Penting Diketahui

1. Tempat Makam Imam Husain


Salah satu fakta paling mencolok tentang Karbala adalah bahwa kota ini merupakan tempat bersejarah bagi umat Muslim Syiah.

Di Karbala terdapat makam Imam Husain, cucu Nabi Muhammad SAW.

Makam ini menjadi pusat ziarah bagi jutaan umat Muslim setiap tahunnya, khususnya saat peringatan hari Asyura.

2. Peristiwa Hari Asyura


Hari Asyura adalah momen penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Peristiwa ini merupakan peringatan tragedi terbesar dalam sejarah Islam, yaitu terbunuhnya Imam Husain bersama keluarga dan para pengikutnya.

Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 10 Muharram 61 Hijriah di kota Karbala. Hingga saat ini, setiap tahun, jutaan jamaah berkumpul di kota ini untuk berziarah dan mengenang peristiwa tersebut.

3. Warisan Arsitektur


Karbala memiliki warisan arsitektur yang kaya, dengan sejumlah masjid bersejarah dan bangunan berarsitektur khas Timur Tengah. Masjid-masjid terkenal seperti Masjid Imam Husain dan Masjid Imam Abbas menarik pengunjung dari berbagai belahan dunia.


4. Industri Pertanian


Karbala memiliki sektor pertanian yang penting dalam kemajuan ekonomi masyarakatnya. Karbala dikenal dengan pertanian gandum, barley dan kacang-kacangan yang kerap menjadi komoditas utama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)