alexametrics

Reli Dakar 2017

Kalahkan Legenda WRC, Peterhansel Rebut Gelar Reli Dakar Ke-13

loading...
Kalahkan Legenda WRC, Peterhansel Rebut Gelar Reli Dakar Ke-13
Stephane Peterhansel-Jean Paul Cottret (Tim Peugeot Sport) pada etape 12 Reli Dakar 2017. (Foto/Motorsport)
A+ A-
BUENOS AIRES - Karier gemilang Stephane Peterhansel belum usai di ajang balap dunia. Karena pria Prancis yang usianya kini sudah menginjak 51 tahun itu, baru saja sukses meraih satu gelar bergengsi lainnya.

Ya, seperti dilaporkan Motorsport. Stephane Peterhansel sukses menjadi juara Reli Dakar 2017 kategori mobil, Sabtu (14/1) waktu setempat. Gelar itu ditentukan usai dia mengalahkan rekan setimnya di Peugeot dan legenda WRC, Sebastien Loeb, pada etape terakhir (12).

Gelar juara dalam kategori mobil ini merupakan yang ke-13 sepanjang karier Peterhansel di Reli Dakar – enam titel lainnya dari kategori motor. Seperti diketahui sebelumnya, Peterhansel sudah berada di ambang juara usai memenangi etape 10, tepatnya ketika pihak penyelenggara mengembalikan waktu kepada sang pembalap menyusul insiden tabrakan pembalap motor, Simon Marcic.



Loeb lalu berhasil memenangi etape 11. Diaa bahkan juga berhasil finis pertama di etape 12, yang melewati medan menantang dari San Cuarto ke Buenos Aires, dengan Special Stage (SS/tahapan khusus) sepanjang 64 km. Namun, Loeb tetap sulit memangkas ketinggalan waktunya dari Peterhansel di klasemen.

Dengan hasil ini pun, maka Peterhansel sukses menjuarai Reli Dakar 2017 dengan keunggulan 5 menit 13 detik atas Loeb dalam klasemen akhir keseluruhan kategori mobil. Melengkapi tiga besar ada pembalap Peugeot lainnya, Cyril Despres, yang terpaut 33 menit di belakang Peterhansel.

Nani Roma menjadi pembalap terbaik Toyota dengan keberhasilan menempati peringkat keempat, diikuti oleh Giniel de Villiers dan Orlando Terranova (X-Raid Mini). Kemudian Kuba Przygonski (Mini), Romain Dumas (Peugeot), Conrad Rautenbach (Toyota) dan Mohammed Abu-Issa (Mini) melengkapi 10 besar.

Adapun, setelah kehilangan waktu signifikan karena bertabrakan dengan truk saat Stage 10, Mikko Hirvonen (X-Raid Mini), berada di peringkat ke-12 klasemen keseluruhan kategori mobil. Dia lebih lambat enam jam dari Peterhansel.
Klasemen akhir 10 besar kategori mobil Reli Dakar 2017. (Foto-Motorsport)
(sbn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak