Profil Koesnadi Hardjasoemantri, Rektor UGM Semasa Ganjar Pranowo Masih Kuliah

Kamis, 10 Agustus 2023 - 10:53 WIB
loading...
Profil Koesnadi Hardjasoemantri, Rektor UGM Semasa Ganjar Pranowo Masih Kuliah
Koesnadi Hardjasoemantri menjabat sebagai rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) dari 1986 hingga 1990.
A A A
JAKARTA - Koesnadi Hardjasoemantri merupakan rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) saat Ganjar Pranowo masih kuliah. Dia menjabat sebagai rektor UGM dari tahun 1986 hingga 1990.

Saat menjabat sebagai rektor, Prof. Koesnadi pernah secara langsung maupun tidak langsung menangani Gelanggang UGM yang saat itu diisi oleh Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Prof. Koesnadi juga dikenal sebagai penggagas Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan sangat peduli pada kegiatan kesenian mahasiswa. Selain itu, ada juga hal penting lainnya yang pernah dicapai oleh guru besar yang satu ini.

Berikut profil Koesnadi Hardjasoemantri.

Profil Koesnadi Hardjasoemantri

Prof. Koesnadi Hardjasoemantri adalah seorang guru besar dalam hukum lingkungan Indonesia yang juga pernah menjabat sebagai rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) dari tahun 1986 hingga 1990.

Dalam riwayatnya, ia dilahirkan pada tanggal 9 Desember 1926 di Tasikmalaya, Jawa Barat, dari pasangan R. Gaos Hardjasoemantri dan R.H.E. Basriah. Koesnadi Hardjasoemantri memiliki empat saudara kandung, yaitu R. Soedjono Hardjasoemantri, R. Soedarmo Hardjasoemantri, R. Soedibyo Hardjasoemantri, dan R. Soedirman Hardjasoemantri.

Koesnadi menempuh pendidikan dasar dan menengah di Bandung dan Batavia (Jakarta). Ia kemudian melanjutkan studinya di Fakultas Hukum UGM dan lulus dengan gelar sarjana hukum pada tahun 1964.



Selain itu, ia juga mendapatkan gelar master hukum dari Universitas Purdue di Indiana, Amerika Serikat pada tahun 1969, dan gelar doktor ilmu hukum dari Universitas Leiden, Belanda pada tahun 1981.

Tidak sampai di situ, Koesnadi juga mendapatkan gelar master hukum dari Universitas Purdue di Indiana, Amerika Serikat pada 1969 dan gelar doktor ilmu hukum dari Universitas Leiden, Belanda pada 1981.

Mantan rektor UG ini memiliki karier yang cemerlang. Dalam riwayat kariernya, ia pernah menduduki posisi penting di bidang pendidikan, pemerintahan, dan lingkungan hidup.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0949 seconds (0.1#10.140)