Daftar Juara Arab Club Champions Cup Terbanyak Sepanjang Sejarah

Kamis, 10 Agustus 2023 - 14:34 WIB
loading...
Daftar Juara Arab Club Champions Cup Terbanyak Sepanjang Sejarah
Arab Club Champions Cup merupakan kompetisi sepak bola antar klub yang melibatkan tim terbaik dari negara-negara Arab di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara. / Foto: ilustrasi/Sports Tiger
A A A
JAKARTA - Arab Club Champions Cup atau yang dikenal sebagai Piala Champions Klub Arab merupakan kompetisi sepak bola antar klub yang melibatkan tim-tim terbaik dari negara-negara Arab di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara yang tergabung UAFA (Union of Arab Football Associations).

Turnamen ini menjadi wadah bagi klub-klub top untuk bersaing dan menunjukkan kualitas sepak bola dari setiap negara. Sejak kali pertama diadakan pada 1981, turnamen ini sudah melahirkan banyak juara.

Berikut daftar juara Arab Club Champions Cup terbanyak sepanjang sejarah.



Daftar Juara Arab Club Champions Cup Terbanyak Sepanjang Sejarah


1. Esperance de Tunis (3 Gelar)


Esperance de Tunis atau biasa disebut EST merupakan klub sepak bola yang bermain di Liga Utama Tunisia. Klub asal Tunisia ini menjadi salah satu pemilik juara Arab Club Champions Cup terbanyak sepanjang sejarah.

Sejak gelaran Arab Club Champions Cup edisi pertama pada 1981, EST sudah mengemas 3 gelar juara. Gelar perdana yang dimiliki EST diraih pada 1993, saat berhasil mengalahkan Al-Muharraq di babak final.

Setelahnya, EST kembali menjadi juara di tahun 2009, dan terakhir pada 2017. Selain itu, klub ini juga sudah dua kali menjadi runner-up yakni 1986 dan 1995.

2. Al-Rasheed (3 Gelar)


Selanjutnya adalah Al-Rasheed, klub sepak bola asal Iraq yang bermain kasta kedua liga sepak bola Iraq. Sama seperti klub sebelumnya, Al-Rasheed juga sudah mengemas 3 gelar juara Arab Club Champions Cup.

Al-Rasheed kali pertama berhasil menjadi juara Arab Club Champions Cup pada 1985 saat berhasil mengalahkan USM Alger, klub sepak bola yang datang dari pinggiran Aljazair, di babak final.

Sejak kali pertama menjadi juara, Al-Rasheed sukses mendominasi panggung Arab Club Champions Cup dengan menjadi juara secara beruntun pada 1986 dan 1987.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)