alexa snippet

Asia Mixed Team Championships 2017

Indonesia Gagal ke Semifinal Usai Ditaklukkan Jepang

Indonesia Gagal ke Semifinal Usai Ditaklukkan Jepang
Pasangan Angga/Ricky membuka angka pertama Indonesia. Sayangnya langkah Indonesia terhenti setelah kalah 2-3 dari Jepang di perempat final Asia Mixed Team Championship 2017. Foto : Badmintonindonesia
A+ A-
HO CHI MINH - Tim bulu tangkis Indonesia gagal melangkah ke semifinal Asia Mixed Team Championship 2017. Kepastian itu diperoleh setelah ditaklukkan Jepang dengan 2-3.

Sebenarnya peluang Indonesia untuk menyegel tempat di babak empat besar begitu terbuka setelah unggul 2-0 lebih dulu. Angka pertama Indonesia disumbangkan nomor ganda putra, lewat Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi.

Kemenangan pasangan yang saat ini berada di peringkat tujuh dunia itu tidaklah mudah. Pasalnya, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda sempat memberikan perlawanan.

Pada pertandingan yang digelar di Nguyen Du Cultural Sport Club, Ho Chin Minh, Vietnam, Jumat (17/2/2017), Angga/Ricky sempat unggul di gim pertama. Namun, pasangan Jepang berhasil menyamakan kedudukan dan memaksa gim ketiga harus dimainkan.

Di gim penentuan, lagi-lagi Kamura/Sonoda sempat memberikan perlawanan. Angka ketat dan kejar mengejar angka pun tak bisa dihindari. Namum, keberuntungan masih berpihak pada Angga/Ricky hingga bisa menyumbangkan pertama buat tim Merah Putih dengan skor 22-20, 12-21 dan 21-14.

Indonesia berhasil memperlebar jarak dari Jepang setelah Hanna Ramadini menjalankan tugasnya dengan baik. Meski mendapatkan perlawanan ketat dari Sayaka Sato, Hanna berhasil menang dua gim langsung 21-18, 23-21

Sayangnya keunggulan ini tak bisa dipertahankan. Jepang melalui Kenta Nishimoto menepiskan ketinggalan. M Bayu Pangisthu yang tampil di partai ketiga gagal memastikan kemenangan Indonesia. Sempat memberikan perlawanan, Bayu akhirnya harus mengakui keunggulan lawannya dengan 15-21, 16-21.

Dengan skor tipis ini membuat laga keempat yang mempertandingkan nomor ganda putri berlangsung ketat. Indonesia yang menurunkan Anggia Shitta Awanda/Tiara Rosalia Nuraidah harus bersusah payah meladeni perlawanan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi yang kaya pengalaman.

Dan benar saja, sejak awal permainan pasangan Jepang begitu mendominasi pertandingan. Angka demi angka berhasil ditambang mudah. Kondisi tersebut tak menyurutkan motivasi Anggia/Tiara. Kedua pemain ini mencoba bermain tenang dan bisa menipiskan angka.

Namun, pengalaman tak bisa berbohong ketika pasangan Jepang kembali menunjukkan performa terbaiknya dan bisa memenangkan pertandingan dengan 14-21, 13-21. Hasil ini sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Nomor ganda campuran pun menjadi penentu. Edi Subaktiar/Annisa Saufika yang diharapkan jadi penentu kemenangan tak bisa berbuat banyak kala bertemu Yuta Watanabe/Arisa Higashino. Edi/Annisa kalah dua gim langsung 16-21, 17-21.



(bbk)
loading gif
Top