Kualitas Udara di Bawah Normal, DLH Kota Bandung Sebut Masih Aman bagi Manusia dan Hewan

Senin, 21 Agustus 2023 - 09:50 WIB
loading...
Kualitas Udara di Bawah Normal, DLH Kota Bandung Sebut Masih Aman bagi Manusia dan Hewan
Kualitas udara di Kota Bandung tercatat di bawah normal atau dalam kategori sedang. Foto/Dok.Sindonews
A A A
BANDUNG - Kualitas udara di Kota Bandung tercatat di bawah normal atau dalam kategori sedang. Kendati begitu, hal tersebut masih dalam batas aman dihirup manusia dan hewan.

Kepala Seksi Pemantauan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung, Irene Irmamuti menjelaskan, Indeks Standar Polusi Udara (ISPU) Kota Bandung dalam posisi atau kategori Sedang.

Dia mengungkapkan, angka ISPU dalam satu minggu terakhir menunjukkan tertinggi pada angka 93 dan terendah pada angka 67 untuk parameter PM2,5.

"Sedang adalah tingkat kualitas udara masih dapat diterima pada manusia, hewan dan tumbuhan," terangnya.


">

Angka/skor normal pada kategori Baik dengan angka 0-50 dan Sedang pada angka 51-100. Namun idealnya kualitas udara terbagus pada kategori Baik yang berarti sehat.

Irene melanjutkan, parameter penyebab angka ISPU Sedang yaitu PM2,5 merupakan partikulat yang dapat bersumber secara alami dari debu dan juga dapat dari asap kendaraan bermotor serta asap cerobong dari pabrik dan lainnya.

"Hal yang mempengaruhi kondisi tersebut di atas adalah karna kondisi cuaca ekstrim di Kota Bandung musim kemarau dan juga karna posisi Kota Bandung yang berada pada cekungan menyebabkan akumulasi polusi lebih lama," jelasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)