Keren! Supercar dari Lego Ini Punya Mesin dan Bisa Dikendarai

Senin, 21 Agustus 2023 - 12:35 WIB
loading...
Keren! Supercar dari Lego Ini Punya Mesin dan Bisa Dikendarai
Perusahaan mainan Lego membuat replika supercar Bugatti Chiron dari material lego. (Foto: Brick.com)
A A A
JAKARTA - Mobil dan mobil mainan tentu berbeda, tapi kali ini ada replica mobil sungguhan yang dibuat dari lego. Mobil tersebut sengaja diciptakan oleh perusahaan mainan Lego dan mampu berjalan sebagaimana kendaraan konvensional.

Untuk mewujudkan replika supercar Bugatti Chiron dibutuhkan 1 juta balok Lego Technic. Replika tersebut dinamai LEGO Technic 42083 Bugatti Chiron yang merupakan konstruksi bergerak skala besar pertama dari Lego. Ya, bisa bergerak lantaran dilengkapi mesin dan bisa dikendarai.

Mesin yang dikembangkan Lego itu terdiri dari 2.304 Lego Power Function Motors, 4.032 roda gigi Lego Technic, dan 2.016 as roda Lego Technic.

Tenaga yang dihasilkan dari platform Lego Power Function cukup mengesankan, dengan tenaga 5,3 hp dan torsi sekitar 92 Nm. Walhasil, mobil ini bisa melaju hingga kecepatan 20 km/jam.



Untuk menyusun 1 juta balok plastik Lego, dibutuhkan waktu 13.000 jam hingga menjadi mobil Bugatti Chiron sesuai ukuran aslinya. Lego juga mengklaim tidak ada lem dalam setiap proses penyambungan setiap balok.

Mobil itu dibuat dari total 339 jenis potongan Lego Technic yang berbeda, termasuk 58 elemen kustom baru yang diwarnai ulang. Ini diseuaikan dengan warna biru cerah pada warna asli Bugatti Chiron.

Model ini juga dilengkapi elemen Lego Technic transparan jenis baru untuk memfasilitasi fungsi lampu depan dan belakang serta lampu sein di kaca spion samping. Lampu-lampu yang ada di replika ini juga dapat menyala, bukan hanya sekadar elemen.

Replika supercar Bugatti Chiron dari Lego tersebut bisa ditumpangi oleh dua orang dewasa dan memiliki bobot 1.500 kg, dengan didukung rangka baja. Lego Bugatti ini dites jalan di trek Wolfsburg, Jerman, sama seperti Bugatti Chiron asli diuji coba.



Menurut Lena Dixen, Wakil Presiden Senior Produk dan Pemasaran di LEGO Group, perusahaan ingin mendorong batasan dari apa yang secara teknis mungkin dilakukan dengan elemen LEGO.

“Desainer Technic kami dan para insinyur dari pabrik Kladno di Republik Ceko, telah melakukan pekerjaan luar biasa, baik dalam menciptakan kembali bentuk ikonik Chiron dan memungkinkan untuk mengendarai model ini,” kata Dixen dikutip dari Brothers-brick.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)