Apakah Juara Piala AFF U-23 2023 Memengaruhi Ranking FIFA?

Rabu, 23 Agustus 2023 - 23:24 WIB
loading...
Apakah Juara Piala AFF U-23 2023 Memengaruhi Ranking FIFA?
Apakah juara Piala AFF U23 2023 akan memengaruhi ranking FIFA? Pertanyaan ini kerap muncul setelah Indonesia sukses melaju ke babak semifinal. / Foto: Instagram @timnas.indonesia
A A A
JAKARTA - Apakah juara Piala AFF U23 2023 akan memengaruhi ranking FIFA? Pertanyaan ini kerap muncul setelah Indonesia sukses melaju ke babak semifinal sebagai runner-up terbaik.

Ajang yang tahun ini digelar di Thailand tersebut sekaligus menjadi edisi kelima dari kejuaraan sepak bola ASEAN U-23. Piala AFF sendiri telah dikenal sebagai kejuaraan paling bergengsi di Asia Tenggara.

Sayangnya, sampai saat ini Piala AFF baik untuk senior maupun U-23 masih belum terdaftar dalam kalender FIFA. Sehingga membuat setiap negara yang berlaga dalam ajang tersebut tidak mengalami peningkatan peringkat FIFA.



Dengan demikian, terjawab sudah bahwa siapapun juara Piala AFF U-23 2023 nantinya tidak akan memengaruhi rankingnya di peringkat FIFA. Turnamen Piala AFF U-23 2023 tidak termasuk dalam daftar resmi pertandingan yang digunakan FIFA untuk menghitung peringkat dunia.

Sebenarnya pada 2022, Presiden FIFA, Gianni Infantino sempat memberikan harapan mengenai menyertakan ajang ini ke kalender internasional. Sayangnya hal tersebut tak terkabul karena beberapa alasan.

Apakah Juara Piala AFF U-23 2023 Memengaruhi Ranking FIFA?
(Foto: Instagram @timnas.indonesia)

Menurut Presiden Federasi Sepakbola Malaysia (FAM), Datuk Hamidin Mohd Amin, Piala AFF dianggap terlalu panjang penyelenggaraannya. Hal ini membuat FIFA kesulitan untuk menyisipkan Piala AFF dalam kalender mereka.

Peringkat FIFA sendiri dihitung berdasarkan serangkaian faktor, seperti hasil pertandingan internasional resmi yang melibatkan tim nasional senior dari negara-negara yang terafiliasi dengan FIFA. Pertandingan di level senior, termasuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA dan Piala Benua (seperti Piala Asia), memiliki pengaruh lebih besar terhadap peringkat FIFA.



Meski begitu, kesuksesan di turnamen seperti Piala AFF U-23 bisa memengaruhi pandangan dan pengakuan terhadap kualitas tim nasional di tingkat regional, dan ini dapat membantu perkembangan sepak bola di negara-negara yang berpartisipasi dalam turnamen tersebut.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)