3 Kampus di Indonesia yang Membuka Jurusan Kriminologi serta Biaya Kuliahnya

Kamis, 24 Agustus 2023 - 06:30 WIB
loading...
3 Kampus di Indonesia yang Membuka Jurusan Kriminologi serta Biaya Kuliahnya
Ada 3 kampus di Indonesia yang membuka jurusan kriminologi. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan Kriminologi termasuk jurusan langka di Indonesia. Bagi calon mahasiswa yang tertarik mempelajari segala aspek tentang kejahatan, jurusankuliah ini cocok untuk kalian.

Jurusan Kriminologi termasuk jurusan langka. Laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) hanya memuat tiga perguruan tinggi yang ada jurusan Kriminologi terakreditasi di Indonesia.

Laman Kriminologi UI menyebutkan, meskipun ilmu sosiologi berpengaruh besar di jurusan ini namun kriminologi juga berakar pada lintas ilmu lain seperti antropologi, biologi, ekonomi, geografi, sejarah, filsafat, ilmu politik, psikiatri, dan psikologi.

Masing-masing disiplin ilmu ini mengembangkan pemikiran, sudut pandang, serta metode yang berbeda untuk mempelajari dan menganalisis penyebab kejahatan dengan berbagai implikasi kebijakan.

Prospek Kerja Jurusan Kriminologi


Salah satu peluang kerjanya ialah menjadi pakar atau ahli kriminologi. Adrianus Meliala dosen di Kriminologi UI menjadi salah satu pakar kriminologi terkenal di Indonesia.

Baca juga: UIN Walisongo Kebut Upaya Pemberian Izin Operasional Pendirian Fakultas Kedokteran

Namun tak hanya menjadi pakar, kalian juga bisa berkarier menjadi pekerja media seperti reporter, presenter, editor media, juga scriptwriter TV khususnya liputan berita kriminal.

Keahlian kalian juga diperlukan di lembaga hukum pemerintah seperti sebagai penyelidik kepolisian, tenaga ahli di Kompolnas, BNN, dan lainnya juga LPSK.

Selain itu lulusannya juga bisa menjadi konsultan publik dan privat di bidang pengaman, staf ahli, investigator publik dan privat, aktivis LSM, peneliti, pengajar, hingga penulis.

Bagi kalian yang tertarik kuliah Kriminologi, berikut ini tiga kampus yang menyediakan jurusan tersebut di Indonesia.

3 Kampus yang Tersedia Jurusan Kriminologi

1. Universitas Indonesia (UI)


Program studi Kriminologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI ini sejarahnya diawali dengan didirikannya Lembaga Kriminologi Universitas Indonesia (LKUI) pada 15 September 1948.

UI tidak hanya menyediakan jenjang Sarjana Kriminologi yang terakreditasi Unggul BAN PT namun juga untuk jenjang Magister terakreditasi B dan juga Doktoral yang sudah terakreditasi A.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3077 seconds (0.1#10.140)