Bagas Kaffa Absen, Pengamat: Timnas Indonesia U-23 Jangan Terbebani di Final Piala AFF U-23 2023

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 18:01 WIB
loading...
Bagas Kaffa Absen, Pengamat: Timnas Indonesia U-23 Jangan Terbebani di Final Piala AFF U-23 2023
Bagas Kaffa Absen, Pengamat: Timnas Indonesia U-23 Jangan Terbebani di Final Piala AFF U-23 2023
A A A
JAKARTA - Pengamat sepak bola Tanah Air, Mohamad Kusnaeni, berpendapat bahwa absennya Bagas Kaffa dalam pertandingan final melawan Vietnam U-23 tidak akan berdampak pada performa Timnas Indonesia U-23 . Bung Kus, panggilan akrabnya, percaya bahwa pelatih Shin Tae-yong sering melakukan eksperimen dalam pengaturan pemain.

Dalam final Piala AFF U-23 2023, Timnas Indonesia U-23 akan bertanding melawan Vietnam U-23, tim yang diakui memiliki kekuatan besar. Pertandingan ini akan diadakan di Rayong Provincial Stadium, Rayong, Thailand, pada Sabtu (26/8/2023) pukul 20.00 WIB.

Meskipun Skuad Garuda Muda telah berjuang dengan keterbatasan sejak awal turnamen ini, kabar cedera yang dialami oleh Bagas semakin memperparah situasi. Namun, Bung Kus percaya bahwa penilaian terhadap tim sepak bola seharusnya melihat seluruh kesatuan tim, bukan hanya individu. Dia mengakui pentingnya peran Bagas, tetapi tidak merasa khawatir atas absennya pemain dari Barito Putera tersebut.



Bung Kus mencatat bahwa pelatih Shin Tae-yong kerap melakukan rotasi pemain di posisi yang tidak biasa bagi mereka. Selain itu, menurutnya, ada pemain lain dengan kualitas sebanding yang bisa mengisi posisi bek sayap kanan.

“Kita harus melihat tim dalam keseluruhan, bukan individu. Meskipun beberapa pemain absen, itu adalah hal yang lumrah dan banyak tim di SEA Games 2023 juga menghadapi situasi serupa. Jadi, janganlah terlalu membebani diri,” kata Bung Kus saat dihubungi oleh MNC Portal Indonesia, Sabtu (26/8/2023).

Bagas Kaffa memang memiliki peran penting, tetapi dalam tim terdapat pemain lain yang dapat mengisi perannya sebagai bek sayap kanan. Selain itu, Bung Kus yakin dengan pendekatan rotasi yang sudah sering digunakan oleh Shin Tae-yong.

Bung Kus menekankan bahwa kekhawatiran seharusnya lebih ditujukan kepada jika beberapa pemain kunci tidak bisa bermain. Namun, ia tidak merasa khawatir atas absennya Bagas karena Vietnam U-23 juga menghadapi kondisi serupa, yaitu tidak dapat menurunkan skuad terbaik mereka.

“Jika hanya satu atau dua pemain yang absen, menurut saya itu masih bisa diatasi. Karena, sekali lagi, Vietnam mengalami hal yang serupa, mereka juga tidak memiliki tim penuh,” tambah Bung Kus.

Sebagai catatan, Bagas mengalami cedera saat pemanasan menjelang pertandingan Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Thailand U-23 dalam babak semifinal Piala AFF U-23. Meskipun namanya telah tercantum dalam susunan pemain, situasi tersebut memaksa Shin Tae-yong untuk menggantinya dengan Robi Darwis.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)