Subholding Upstream Regional Indonesia Timur Genjot Eksplorasi di Banggai

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 11:22 WIB
loading...
Subholding Upstream Regional Indonesia Timur Genjot Eksplorasi di Banggai
Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina mencanangkan Drilling Campaign hingga 2025 untuk menggenjot temuan cadangan di wilayah Indonesia bagian Timur. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Berkomitmen untuk mengembangkan Sulawesi sebagai sentra gas baru, Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina mencanangkan Drilling Campaign hingga 2025. Dalam kampenye tersebut, eksplorasi akan dilakukan di empat titik sumur yakni East Wolai (EWO)-001, West Wolai (WWO)-001, dan Julang Emas (JLE) di Kabupaten Banggai, serta Tedong (TDG)-001 di Kabupaten Morowali Utara.

Bupati KabupatenBanggai Amirudin menegaskan, Pemerintah Kabupaten Banggai mendukung penuh eksplorasi sumur yang akan menambah cadangan migas dari daerah tersebut. Dia berharap kegiatan itu juga akan menjadi penggerak perekonomian di masyarakat sekitar lokasi sumur.



"Kami pemerintah daerah mendukung sepenuhnya kegiatan eksplorasi dan eksploitasi yang dilaksanakan di Kabupaten Banggai, yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi kita," kata Amirudin melalui keterangan pers, Sabtu (26/8/2023).

Dalam kegiatan site visit yang dilakukan oleh para pemangku kepentingan di lokasi tajak sumur eksplorasi EWO-001 wilayah kerja Pertamina EP Donggi Matindok Field, Wakil Kepala SKK Migas Nanang Abdul Manaf mengatakan bahwa potensi migas, khususnya gas bumi di Sulawesi cukup besar.

SKK Migas, tegas dia, mendorong dilaksanakan kegiatan eksplorasi di wilayah ini untuk mendukung target produksi nasional 1 juta barel per hari (bph) dan gas 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) di tahun 2030. Nanang berpeasn agar dalam pelaksanaan pekerjaan ini seluruh pekerja dan kontraktor yang terlibat menempatkan aspek keselamatan kerja menjadi yang utama. "Kerja kita masif dan agresif untuk mencapai target, namun unsur safety jangan pernah dikesampingkan," tegasnya.



Direktur Regional Indonesia Timur Endro Hartanto mengatakan, pengeboran eksplorasi yang dilakukan ini merupakan rangkaian dari Drilling Campaign untuk menggenjot temuan cadangan di wilayah Indonesia bagian Timur. "Setelah tahun lalu kami melakukan pengeboran eksplorasi di Papua, tahun 2023 hingga 2025 kami akan mengekplorasi Area Sulawesi," tuturnya.

GM Zona 13 Benny Sidik menambahkan, PEP DMF berharap mendapatkan temuan cadangan dengan pengeboran di area Lapangan East Wolai dan West Wolai. Diharapkan tambahan itu akan mengerek kemampuan pasok menjadi 70 MMSCFD dengan jangka waktu minimal 15-20 tahun untuk mendukung kebutuhan industri di wilayah tersebut.

"Dengan kegiatan ini maka kami berharap bisa memberikan kontribusi yang signifikan untuk ketahanan energi di Kawasan Sulawesi," ujar Benny.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2059 seconds (0.1#10.140)