FIBA World Cup 2023: Panitia Antisipasi Jumlah Penonton Hari Ini Membeludak

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 17:02 WIB
loading...
FIBA World Cup 2023: Panitia Antisipasi Jumlah Penonton Hari Ini Membeludak
Penonton antre membeli tiket pertandingan FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (25/8/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
A A A
JAKARTA - Panitia Pelaksana Lokal (Panpel) FIBA World Cup 2023 telah menyiapkan berbagai skenario untuk menghadapi animo yang tinggi dari penonton yang masuk ke Indonesia Arena selama jeda pertandingan. Langkah ini diambil setelah melihat antusiasme yang luar biasa selama upacara pembukaan FIBA World Cup 2023 pada Jumat (25/8/2023).

Upacara pembukaan FIBA World Cup 2023 yang diadakan kemarin berjalan dengan sukses. Antusiasme penonton begitu besar sehingga terjadi antrian yang memanjang saat arus masuk dan keluar penonton secara bersamaan ketika pertandingan pertama beralih ke pertandingan kedua. Hal ini terjadi karena upacara pembukaan berhasil menarik perhatian banyak penonton dan menahannya sebelum upacara dimulai sebelum pertandingan kedua dimulai pukul 20.30 WIB.



Untuk mengantisipasi situasi ini, panpel lokal telah menyiapkan berbagai skenario, terutama untuk pengaturan masuk dan keluar penonton. Salah satu skenario tersebut melibatkan pemisahan rute masuk dan keluar serta membuka semua pintu keluar. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Panpel, Junas Miradiarsyah.

"Ini hari pertama FIBA World Cup. Kami sangat senang dengan antusiasme penonton yang ingin menyaksikan upacara pembukaan dan pertandingan besar, seperti Kanada melawan Prancis. Terutama para penggemar dari Latvia juga banyak di pertandingan pertama. Selanjutnya, pada pertandingan-pertandingan yang melibatkan tim-tim unggulan seperti Spanyol, Kanada, Prancis, dan Latvia, kami akan mengatur pergerakan penonton agar lebih lancar," ujar Junas dalam rilis yang diterima oleh MNC Portal Indonesia, Sabtu (26/8/2023).

Sebelumnya, untuk menghindari kendala menuju stadion, panpel telah melakukan pengaturan agar mobil tidak diizinkan masuk ke kawasan GBK. Panpel juga menyediakan layanan shuttle dengan bus listrik yang bisa digunakan oleh penonton FIBA World Cup 2023 yang memiliki tiket. Bus ini akan mengelilingi wilayah Gelora Bung Karno. Terdapat enam titik penjemputan bus listrik dengan rute yang dimulai dan berakhir di Halte Gelora (Gate 11).

Layanan shuttle akan beroperasi mulai 25 Agustus hingga 3 September 2023. Jam operasional pada 25 Agustus 2023 adalah mulai pukul 14.15 WIB - 00.30 WIB. Kemudian, dari tanggal 26 Agustus hingga 3 September 2023, jam operasional adalah pukul 14.45 WIB - 00.30 WIB. Dengan interval 10-15 menit di setiap titik penjemputan.

Selain itu, Polda Metro Jaya juga telah mengerahkan 1.563 personel untuk menjaga keamanan selama berlangsungnya ajang tersebut hingga 3 September di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Pengamanan ini melibatkan Satuan Tugas Daerah (Satgasda), Satuan Tugas Resort (Satgasres), dan Bawah Kendali Operasi (BKO) TNI.

"Personel ini terdiri dari 1.066 personel Satgasda, 487 personel Satgasres, dan 10 personel BKO TNI. Pengamanan dimulai dari kedatangan tim, rute yang akan dilalui, tempat pertandingan, penginapan, hingga rangkaian acara lainnya," ungkap Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Nurkolis, dalam keterangan resminya di Jakarta.

Pertandingan akan berlangsung dalam dua sesi waktu, dengan pertandingan pertama dimulai pada pukul 16.45 WIB, sementara pertandingan kedua akan digelar pada pukul 20.30 WIB. Pada hari ini, Sabtu (26/8/2023), dua pertandingan dari Grup G akan berlangsung, yakni Timnas Basket Iran melawan Brasil, dan Spanyol melawan Pantai Gading. Seluruh pertandingan FIBA World Cup 2023 dapat disaksikan di iNews sebagai penyiar resmi.

Saksikan FIBA World Cup 2023 di Vision +
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3968 seconds (0.1#10.140)