Oleksandr Usyk Roboh ke Kanvas, Menang Kontroversial Atas Daniel Dubois

Minggu, 27 Agustus 2023 - 07:26 WIB
loading...
Oleksandr Usyk Roboh ke Kanvas, Menang Kontroversial Atas Daniel Dubois
Oleksandr Usyk Roboh ke Kanvas, Menang Kontroversial Atas Daniel Dubois/Independent
A A A
Oleksandr Usyk terjatuh di kanvas sebelum menang TKO kontroversial atas Daniel Dubois di ronde kesembilan untuk mempertahankan sabuk juara kelas berat. Oleksandr Usyk terjatuh ke kanvas pada ronde kelima tapi mampu menghentikan Daniel Dubois pada ronde kesembilan pada malam yang sangat kontroversial di Wroclaw, Polandia, Minggu (27/8/2023) pagi WIB.

Petinju asal Ukraina ini mempertahankan gelar juara dunia kelas berat WBA, WBO, IBO dan IBF miliknya berkat kemenangan tersebut. Namun ia harus terjatuh setelah terkena pukulan kanan ke arah tubuh Dubois tapi dinilai wasit Luis Pabon akibat pukulan terlalu rendah.



Namun, tayangan ulang menunjukkan bahwa itu adalah pukulan yang mungkin akan dianggap sebagai pukulan yang sah di malam yang lain. Dubois, yang tidak mendapatkan satu poin pun atas pelanggaran tersebut, gagal memanfaatkan momen tersebut pada ronde kelima dan dalam waktu empat ronde, ia dihentikan oleh pukulan kanan dari Usyk yang telah kembali bugar. "Saya merasa baik," kata Usyk setelah pertandingan.

"Saya berterima kasih kepada tim saya, keluarga dan anak-anak saya. Namun saya juga berterima kasih kepada negara dan tentara Ukraina. Terima kasih banyak. Tinju adalah olahraga yang sulit, tetapi saya hebat. Saya mencintai tinju. Saya menghormati lawan saya, tetapi ini adalah tinju, bukan balet. Apakah saya menilai kekuatannya? Tidak.''

Hanya dua hari setelah Ukraina merayakan Hari Kemerdekaan mereka, Usyk membawa laga pertahanan gelar juara dunia kelas beratnya ke sebuah kota yang memiliki komunitas Ukraina yang besar. Wroclaw hanya berjarak beberapa jam perjalanan melintasi perbatasan timur dengan negara Usyk, dan diperkirakan populasi kota ini telah meningkat sebanyak 30 persen sebagai akibat dari para pengungsi yang melarikan diri setelah invasi Rusia tahun lalu.

Semua itu berarti ini adalah wilayah yang sangat tidak bersahabat bagi Dubois, yang merasa jauh dari rumahnya di Greenwich, London selatan. Namun, ia terlihat sangat santai ketika ia berjalan memasuki Stadion Wroclaw saat lagu So Much Things To Say dari Bob Marley dimainkan.

Ia kemudian harus menunggu dan menyaksikan dari atas ring saat kedatangan Usyk di stadion yang hampir membuat atap stadion runtuh. Meskipun tidak terjual habis, stadion ini masih dipenuhi oleh para penggemar Usyk yang membuat suasana semakin meriah saat hujan turun.

Usyk, mantan juara kelas penjelajah yang tak terbantahkan, memiliki berat badan yang hanya 12,4 kg lebih ringan dari Dubois, yang merupakan petinju kelas berat yang telah lama berkarier. Namun, ia jelas menjadi pria yang lebih pendek dan harus menggunakan penilaian jarak yang sangat baik untuk mendaratkan jab kuda-kudanya tanpa terkena serangan balik.

Usyk meraih kemenangan tipis pada ronde pertama, namun hal itu cukup membuat Dubois gugup, karena ia bertinju untuk pertama kalinya sejak ia dijatuhkan tiga kali pada ronde pertama sebelum menghentikan Kevin Lerena. Namun, setelah mengawali ronde kedua dengan baik, Dubois goyah oleh sebuah pukulan kidal di pertengahan ronde. Satu pukulan lainnya menyusul saat Usyk mulai meningkatkan serangan lebih awal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)